Sabtu, 18 Mei 2024

Kasal Wisuda 99 Calon Perwira Baru AAL Angkatan 60

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kasal mewisuda calon Perwira Remaja. Foto: Dispenal

Laksamana TNI Ade Supandi, S.E. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), secara resmi menutup pendidikan sekaligus mewisuda Sarjana Sains Terapan Pertahanan (S.S.T.Han) bagi 99 calon Perwira baru lulusan Akademi Angkatan Laut Angkatan 60, di Gedung Salahutu, Mako Akademi Angkatan Laut (AAL), Surabaya, Rabu (17/6/2015)

Para calon Perwira Remaja yang baru ditutup pendidikannya tersebut, 41 orang merupakan Korps Pelaut, 21 orang Korps Marinir,17 orang Korps Teknik, 10 orang Korps Elektro, 10 orang Korps Suplai.

Lulusan terbaik AAL Angkatan 60 ini diraih Sermatutar (P) Adyksa Yudistira, S.S.T.Han, yang telah berhasil menggondol nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3, 718, sehingga berhak atas medali Adhimakayasa.

Adhimakayasa merupakan penghargaan bagi siswa lulusan terbaik sekaligus lambang supremasi tertinggi yang diimpikan dan diperebutkan para Taruna setiap matra TNI dan Kepolisian, tak terkecuali Taruna AAL untuk meraih tahta tersebut.

Selain nilai IPK, masih ada beberapa persyaratan lainnya untuk mendapatkan gelar Adhimakayasa. Diantaranya: prestasi, kepemimpinan, intelegensia, penghargaan yang pernah diraih, serta figur.

Sermatutar (P) Adyksa Yudistira, S.S.T.Han, juga merupakan lulusan terbaik dari Korps Pelaut, sementara lulusan terbaik pada Korps lainnya adalah Korps Tehnik diraih Sermatutar (T) Furqon Mahmud Pasa, S.S.T.Han, yang berhasil mengantongi nilai 3,752.

Korps Marinir diraih Sermatutar (M) Eko Sufriyanto Suriyadi P., S.S.T.Han dengan nilai 3,671, Korps Elektronika diraih Sermatutar (E) Hendry Eko Nurcahyo, S.S.T.Han dengan nilai 3,612. Dan lulusan terbaik Korps Suplai diraih Sermatutar (S) Novianto Dwi Andhika Putra, S.S.T.Han dengan nilai IPK 3,383.

Kepada Taruna yang telah mengukir prestasi sebagai penerima penghargaan bintang Adhi Makayasa, Kasal mengucapkan selamat. Bintang Adhi Makayasa merupakan tanda penghargaan tertinggi bagi Taruna tingkat akhir lulusan terbaik.

Diharapkan prestasi itu diikuti dengan prestasi-prestasi berikutnya yang membanggakan bagi diri pribadi dan organisasi TNI Angkatan Laut serta menjadi teladan atau motivasi bagi taruna lainnya.

“Gunakan modal dasar yang kalian peroleh di akademi untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kalian dalam menghadapi penugasan yang penuh tantangan dan dinamika nantinya,” tegas Kasal kepada para Taruna AAL angkatan 60, dalam siaran persnya.(tok/wak)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs