Sabtu, 27 April 2024

Kebakaran Rumah di Gemblongan Akibat Lupa Matikan Kompor

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Rumah di jalan Gemblongan Surabaya yang terbakar. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Kebakaran rumah di Jalan Gemblongan gang 5 No.12 B Surabaya disebabkan kompor yang berada di satu petak lupa tidak dimatikan.

Candra Maria Oratmangun Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya mengatakan, total rumah yang terbakar ada lima petak rumah non permanen.

“Api cepat menyebar karena semua bangunan petak itu terbuat dari kayu dan triplek,” ujar Candra kepada suarasurabaya.net di lokasi, Kamis (29/10/2015).

Chandra mengatakan, sedikitnya ada delapan unit mobil PMK dikerahkan untuk melakukan pemadaman hingga pukul 10.00 WIB baru berhasil dipadamkan.

Data yang berhasil dihimpun suarasurabaya.net, kebakaran bermula dari rumah Sumaiyah yang lupa mematikan kompor saat meninggalkan rumah. Bangunan petak ini kemudian terbakar dan merembet ke empat bangunan yang berderet di sebelah timurnya.

Kebakaran hampir menjalar ke rumah permanen yang ada gang tersebut.

Diketahui bangunan di dekat Kalimas ini berdiri di atas tanah aset milik Dinas PU Pengairan Provinsi Jawa Timur.

Lima rumah ini hanya tercatat dalam satu alamat saja, yakni di Gemblongan V No.12. Padahal ada lima KK yang tinggal berderet.

Bangunan non permanen ini juga pernah ditertibkan oleh Satpol PP kota Surabaya pada tahun 2006 dan sudah bersih. Tapi ternyata bangunan ini ada lagi.

Tidak hanya itu, di sebelah barat gang juga banyak kardus dan triplek yang kalau malam juga dipakai sebagai tempat tinggal warga. (din/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs