Senin, 17 Juni 2024

Keluarga Korban Trigana Curhat Kepada Ignatius Jonan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Ignatius Jonan Menteri Perhubungan berdialog dengan keluarga korban pesawat Trigana di posko Crisis Center, Bandara Udara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Kepada Iganitus Jonan yang didampingi Marsekal Madya FH Bambang Sulistyo Kabasarnas, Brigjen Pol Paulus Waterpauw Kapolda Papua dan Mayjen TNI Fransen G Siahaan Pangdam XVII/Cenderawasih, keluarga korban menyampaikan sejumlah permintaan, antara lain penertiban administrasi tiket pesawat.

“Karena administrasi tidak tertib, akibatnya ada yang namanya terdaftar tapi tidak berangkat. Itu makanya yang berangkat itu namanya tidak tercatat,” ujar seorang anggota keluarga korban seperti dilansir Antara.

Yang lainnya menyoroti penerbangan hari Minggu (16/8/2015) dan ada pula yang mempersoalkan usia pesawat yang dioperasikan di Papua.

“Kalau bisa pesawat komersial yang beroperasi di Papua itu jangan yang lama, nanti kita orang Papua terus jadi korban Pak Menteri,” kata salah satu keluarga korban.

Menanggapi hal itu, Jonan menjelaskan administrasi penerbangan sudah seharusnya tertib. “Seharusnya tertib administrasi. Tapi terkait masalah ini, maskapai yang tidak mengindahkan akan mendapat sanksi,” janji Jonan.

Mengenai permintaan agar tidak ada penerbangan pada hari Minggu (16/8/2015), Jonan meminta masyarakat dan Gubernur Papua menyurati pemerintah pusat.

“Kalau hal itu, selama ini saya belum pernah terima surat permintaan. Jadi ada baiknya menyurat resmi,” kata Jonan.

Di hadapan para keluarga korban, Jonan memerintahkan Benny Direktur Operasional Trigana Air untuk menjelaskan soal administrasi dan tiket penumpang.

“Terkait nama-nama penumpang pesawat itu, tadi malam sudah kami bahas. Dan sudah ada kesesuaian pandangan, yang pasti kami dari maskapai selalu memperhatikan keselamatan penumpang dan lain-lainnya,” ujar Benny.

Benny mengaku cukup lama melayani penerbangan di wilayah Papua.

“Sejak 1992 saya sudah terbang di Papua. Kita akan sama-sama benahi semua hal demi kebaikan Papua,” kata Benny. (ant/dwi)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
31o
Kurs