Selasa, 30 April 2024

MOS Tak Boleh Dilaksanakan Kakak Kelas

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Panitia MOS di Yayasan Usaha Sekolah Teknik Tangerang mencopot atribut tidak pantas yang dikenakan anak didik baru, disertai permintaan maaf yang disaksikan Mendikbud, Rabu (29/7/2015). Foto: Jose/Dok. suarasurabaya.net

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyatakan masa orientasi siswa (MOS) seharusnya diselenggarakan oleh sekolah dan guru bukan diserahkan kepada kakak pembina atau pun Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

“Seharusnya yang menyelenggarakan MOS adalah guru dan sekolah,” ujar Hamid Muhammad, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, usai pelepasan delegasi Indonesia ke Brazil di Jakarta, Selasa (4/8/2015) petang.

Mengutip Antara, hal tersebut juga tertuang dalam Surat Nomor 59389/MPK/PD/Tahun 2015 tentang Pencegahan Praktik Perpeloncoan, Pelecehan dan Kekerasan Pada Masa Orientasi Peserta Didik Baru di Sekolah yang ditujukan kepada gubernur dan bupati/wali kota di seluruh Tanah Air.

Kemdikbud meminta bantuan kepala daerah untuk menginstruksikan kepada kepala dinas pendidikan untuk mengantisipasi dan memastikan bahwa dalam pelaksanaan orientasi peserta didik baru tidak ada praktik atau menjurus pada praktik perpeloncoan, pelecehan, kekerasan terhadap peserta didik baru baik secara fisik maupun psikologis yang dilakukan di dalam maupun di luar sekolah.

“Kalau dari aturan disebutkan seperti itu. Tapi memang peraturannya global, tujuannya agar daerah bisa menyesuaikan,” tambah dia.

Hamid menilai terjadi ketidaksampaian informasi dari dinas pendidikan ke daerah. “Ada yang dilanjutkan ke sekolah, ada yang tidak,” katanya.

Masa orientasi di Tanah Air, lanjut dia, tak ada yang mempermasalahkan. Akan tetapi, yang diributkan adalah yang mempergunakan atribut yang tidak sesuai.

“Hal itu harus segera diakhiri, agar tidak terjadi rantai kekerasan,” cetus dia.

Sebelumnya, dalam sidak ke sejumlah sekolah menengah di Tangerang, Mendikbud Anies Baswedan mempertanyakan penggunaan atribut dalam masa MOS.

Seorang siswa SMP Flora Pondok Ungu Permai, Evan Christoper Situmorang (12), meninggal setelah kedua kakinya sakit selama dua pekan.

Evan sebelumnya berjalan hingga empat kilometer atas perintah seniornya saat hari terakhir masa orientasi siswa (MOS) di sekolahnya.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs