Senin, 29 April 2024

Nelayan Minta Kearifan Lokal di Kenjeran Tetap Dipertahankan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Pengasapan ikan oleh nelayan Kejawan Lor Surabaya saat hari Minggu. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Progres pembangunan Jembatan Kenjeran sudah 65 persen. Namun, hingga saat ini nelayan sekitar Kenjeran tidak tahu rencana apa yang ada di balik pembangunan jembatan itu.

Sumali Ketua Kelompok Nelayan Nambangan Kenjeran mengatakan, tidak yakin dengan mimpi pemerintah membangun kawasan Kenjeran akan memberikan manfaat bagi nelayan.

“Hali itu sudah terbukti berdirinya SIB (Sentra Ikan Bulak) yang saat ini mangkrak,” katanya kepada suarasurabaya.net, Rabu (4/11/2015).

Menurut Sumali, hal ini disebabkan cara pemerintah kota yang mengggunakan kebijakan top down dalam pembangunan.

“Masyarakat tidak diajak komunikasi sebelumnya dan bahkan sampai saat ini tidak tahu desainnya kayak apa. Itu terjadi sejak pembangunan SIB dulu,” katanya.

Karena tidak ada sosialisasi, kata Sumali, maka nelayan saat ini ketakutan bila adanya penggusuran atau pengusiran secara bertahap nantinya.

Menurut Sumali, kampung nelayan yang ada di kawasan Kenjeran sebanyak 10 kampung, yaitu, Banjarejo, Tambak Wedi, Nambangan, Cumpat, Kenjeran, Kejawan Lor, Kalitinjang, Sukolilo, Larangan, dan Kalisari.

“Semua nelayan di Kenjeran sangat menjaga kearifan lokal. Alat tangkap kami masih ramah lingkungan dan kami saling menjaga,” katanya.

Sementara itu, AA Gede Dwija Wardhana Kepala Bidang Fisik Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya mengatakan, harapan pengembangan kawasan Kenjeran bisa tetap bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Maka dari itu perkembangan kawasan Kenjeran terpadu dengan permukiman nelayan,” ujarnya dihubungi suarasurabaya.net.

Menurut Dwija, penataan kampung dilakukan terpadu bukan hanya jalan jembatan. Sehingga, ketika ada wisatawan datang, kira-kira apa yang bisa disediakan oleh nelayan untuk disajikan.

“Budaya lokal di Kenjeran tetap dipertahankan. Mulai dari ekonomi kreatif bagi masyarakat nelayan sudah dipikirkan,” katanya.

Diketahui, Jembatan dengan panjang 800 meter dan lebar sekitar 18 meter itu, sekarang sudah 65 persen pembangunan fisiknya. Jembatan yang menelan dana APBD Rp 209 milyar itu ditarget Desember selesai.

Di jembatan itu, akan dibuat jalur khusus kendaraan untuk mobil dan motor. Selain itu juga, akan dibuat pula jalur pedestrian, sehingga pejalan kaki bisa menikmati panorama laut dari atas jembatan. Tidak hanya itu, di sekitar jembatan juga ada taman, air mancur, dan plaza.(bid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs