Senin, 17 Juni 2024

PT KAI Daops 8 Tinggikan Kepala Jalur KA Dekat Tanggul Lapindo

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Kereta api yang melintas di jalur kereta api Jalan Raya Porong. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 8, terpaksa harus mengangkat kepala jalur kereta api (KA), yang ada di Jalan Raya Porong, Sabtu (2/5/2015).

“Rencananya akan kita naikan 30 centimeter kepala rel kereta api yang ada di dekat tanggul Lapindo ini,” kata Yudhi Inspektur Teknis PT KAI Daerah Operasional 8, kepada suarasurabaya.net, Sabtu (2/5/2015).

Yudhi menjelaskan, menaikkan kepala rel kereta api itu berdasarkan pengecekan dan pengukuran, yang dilakukan Jumat (1/5/2015) kemarin, saat jalur kereta terendam banjir mencapai 30 hingga 40 centimeter. Hasil pengukuran itu, diketahui bahwa dari permukaan air paling tinggi diatas kepala rel itu mencapai 21 centimeter.

“Jika kepala rel kita naikkan 30 centimeter, maka nanti akan ada jarak 9 centimeter. Artinya saat turun hujan, dengan intensitas yang sama, maka rel kereta api akan aman dan bisa dilintasi,” ujar dia.

Dia mengungkapkan, rencana kepala rel yang akan diangkat, nanti panjangnya sekitar 600 meter, mulai dari Desa Ketapang, Kecamatan Tanggulangin hingga Desa Siring, Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. (bry/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
29o
Kurs