Kamis, 2 Mei 2024
Hari Pers Nasional

PWI Jatim Beri Penghargaan bagi Kartolo

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Kartolo saat tampil ngidung dalam sebuah acara. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur akan berikan anugerah “Life Achievement Award” bagi tokoh ludruk legendaris Kartolo. Anugerah akan diberikan langsung pada puncak resepsi Hari Pers Nasional (HPN) yang akan digelar di Gedung Negara Grahadi, pada 26 Maret 2015 mendatang.

“Kartolo telah mendedikasikan sepanjang hidupnya bagi kemajuan ludruk sehingga sangat pantas untuk mendapatkan anugerah ini,” kata Akhmad Munir, Ketua PWI Jawa Timur, Jumat (27/2/2015).

Dengan anugerah ini, PWI berharap bisa memicu munculnya tokoh-tokoh lainnya yang dengan tulus mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan budaya.

Selain Kartolo, untuk HPN tahun ini, PWI juga memberikan beberapa anugerah bagi beberapa tokoh diantaranya adalah Komisaris Jenderal Anang Iskandar adalah Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Anang dinilai telah berhasil membawa BNN untuk memerangi peredaran narkoba. “Puncaknya pada akhir 2014 kemarin, BNN bisa menggagalkan pengiriman 800 kilogram sabu-sabu,” kata Munir.

Untuk lembaga, PWI Jawa Timur menempatkan Mahkamah Agung sebagai penegak hukum yang layak mendapatkan penghargaan. MA dinilai adalah lembaga penegak hukum yang paling sedikit menunggak perkara.

Untuk lembaga pers, Panjebar Semangat, sebagai media paling tua di Jawa Timur juga akan mendapatkan penghargaan khusus.

Sementara itu, selain memberikan aneka penghargaan, peringatan HPN kali ini juga akan dilakukan aneka kegiatan diantaranya adalah ziarah tokoh perjuangan, dan tokoh pers.

Selain itu, juga digelar lomba jurnalistik untuk kategori radio, televisi, cetak dan online. Kategori fotografi juga akan dilombakan tersendiri.

“Kami juga menggelar donor darah, bakti sosial, serta aneka seminar di antaranya seminar tentang migas,” kata Munir. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs