Minggu, 25 Februari 2024

Parade Topeng Surabaya Ramaikan Pergantian Tahun

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Topeng jenis binatang yang biasa muncul saat Maulud Nabi Muhammad SAW. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Parade Topeng Surabaya dijadwalkan digelar di G-Walk Citraland Surabaya memeriahkan malam pergantian tahun 2015, Kamis (31/12/2015) besok.

Sekurangnya 250 topeng dengan berbagai jenis karakter, bakal ditampilkan dalam bentuk parade dan akan ditampilkan dipanggung G-Walk Citraland, Surabaya menyambut malam pergantian tahun.

Heri Lentho operator parade topeng Surabaya menyampaikan bahwa parade topeng akan dilanjutkan dengan penampilan berbagai atraksi kesenian yang seluruhnya dipusatkan di G-Walk Citraland.

“Parade Topeng Surabaya akan kami gelar pada malam menjelang pergantian tahun. Topeng-topeng yang kami tampilkan adalah topeng khas Surabaya yang biasa hadir pada saat peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW, atau Muludan,” kata Heri Lentho.

Topeng-topeng yang akan diparadekan diantaranya adalah topeng binatang, mulai dari Harimau, Monyet, Anjing, kelinci dan beberapa jenis binatang lainnya. Untuk topeng karakter manusia, ditampilkan karakter Pak Jenggot, Pendekar.

“Topeng yang tampil memang topeng kertas yang biasa muncul dan dimainkan anak-anak saat peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW. Parade ini juga untuk memperingati Maulud Nabi,” kata Heri Lentho.

Parade Topeng Surabaya dijadwalkan mulai digelar pukul 20.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan berbagai pementasan seni. “Ada seni tradisional, dan diwarnai penampilan topeng. Juga ada penampilan grup band,” ujar Heri Lentho pada suarasurabaya.net, Rabu (30/12/2015).(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
25o
Kurs