Minggu, 5 Mei 2024

Pemerintah Baru Mampu Gaji Rp300 Ribu untuk Bunda Paud

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Pemerintah Jawa Timur kucurkan dana Rp65 miliar untuk membantu operasional seluruh Pos Paud (pendidikan usia dini). Dana sebensar Rp65 miliar ini, Rp43 miliar diantaranya khusus diberikan untuk membantu kesejahteraan Bunda Paud (pengajar Paud) yang masing-masing Bunda Paud akan di berikan dana Rp300 ribu perbulan.

“Jadi untuk kesejahteraan Bunda Paud Rp43 miliar dan untuk suntikan dana pengembangan Paud kami berikan Rp22 miliar,” kata Syaiful Rahman, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, usai mengikuti temu koordinasi Bunda Paud se Jawa Timur di Gedung negara Grahadi, Kamis (7/5/2015).

Menurut dia, saat ini pemerintah juga telah memetakan dan akan memberikan tambahan dana masing-masing sebesar Rp5 juta untuk 300 Paud berprestasi.

Dinas pendidikan Jawa Timur juga berharap, pendidikan di tingkat Paud tidak hanya mengandalkan bantuan dari APBD Provinsi melainkan juga harus dibantu anggaran dari pemerintah kabupaten/kota setempat. “Saya berharap bupati/walikota juga ikut membantu sehingga Paud bisa terus berkembang, kesejahteraan bunda paud juga meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, untuk meningkatkan kapasitas Paud, dalam acara temu koordinasi Bunda Paud se Jawa Timur siang tadi, Dinas Pendidikan juga menekankan pentingnya untuk selalu mengubgrade pengetahuan bagi seluruh Buda Paud.

Nina Kirana Soekarwo, istri Gubernur Soekarwo mengatakan, Paud selama ini adalah titik awal bagi anak untuk belajar bersosialisasi. Karenanya, pengetahuan yang dimiliki Bunda Paud sangat menentukan berhasil tidaknya anak dalam bersosialisasi dan mengembangkan potensinya.

“Dari sisi jumlah, Paud di Jawa Timur sudah cukup banyak karena mencapai 12.227 Paud, sayangnya yang sudah maju hanya 77 persen, sedangkan sisanya perlu pendampingan lebih lanjut,” ujarnya. (fik/ipg)

Teks Foto:
– Nina Soekarwo, istri Gubernur ketika meresmikan salah satu Paud di Surabaya.
Foto : Taufik suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs