Senin, 1 Maret 2021

Pesawat Jupiter Jatuh, TNI AU Kirim Tim Investigasi ke Malaysia

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara telah mengirim tim investigasi ke Langkawi, Malaysia, untuk menyelidiki penyebab kekcelakaan dua pesawat Jupiter milik tim aerobatik TNI AU saat berlatih menjelang Pameran Internasional Maritim dan Udara (LIMA) 2015.

“Sudah ada tim ke Langkawi untuk menyelidiki penyebab kecelakaan itu,” kata Maresekal Madya Hadi Tjahyanto Kepala Dinas Penerangan TNI AU di Jakarta, Minggu (15/3/2015) seperti dilansir Antara.

Menurut Marsma Hadi Tjahyanto, kecelakaan terjadi pada hari Minggu (15/3/2015) sekitar pukul 14.00 waktu setempat ketika kedua pesawat Jupiter itu melintasi ruang udara MIEC, kemudian sayap dua pesawat bertabrakan dan terhempas.

“Hari ini kami melaksanakan latihan untuk berpartisipasi dalam pameran di Langkawi, dan terjadilah peristiwa tersebut. Alhamdulillah, keempat pilot bisa menyelamatkan diri,” kata dia.

Hadi menambahkan bahwa rencananya tim aerobatik “The Jupiters” TNI AU akan menampilkan atraksi aerobatik pada hari Selasa, 17 Maret mendatang.

Kedua pilot dan kopilot berhasil menyelamatkan diri dengan menggunakan parasut dan kini masih dalam perawatan di Rumah Sakit Langkawi.

Ryamizard Ryacudu Menteri Pertahanan dan Hishammuddin Hussein Menteri Pertahanan Malaysia telah menjenguk keempat pilot yang dirawat di rumah sakit tersebut.

Saat ini, TNI AU memiliki delapan pesawat Jupiter KT-1B Woong Bee buatan Korea Selatan.

Semua penerbang yang tergabung dalam tim aerobatik “The Jupiters” merupakan instruktur terbang TNI AU.

Pameran Internasional Maritim dan Udara (LIMA) 2015 akan berlangsung pada tanggal 17–21 Maret bertempat di Pusat Pameran Antarabangsa Mahsuri, Langkawi, Malaysia. (ant/dwi)

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Terguling dan Muatannya Tumpah

Surabaya
Senin, 1 Maret 2021
31o
Kurs