Senin, 20 Mei 2024

Ribuan Umat Hindu Bali Siap Ikuti Melasti

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Umat Hindu sembahyang Melasti jelang Nyepi 2014. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Melasti sebagai bagian dari persembahyangan menjelang perayaan Nyepi, dipastikan bakal diikuti ribuan umat Hindu dari Surabaya dan sejumlah kota lain sekitar Surabaya, seperti Sidoarjo, Gresik.

Made Sueca satu diantara panitia pelaksana Nyepi 2015, membenarkan bahwa koordinasi hingga Kamis (12/3/2015) dengan pengurus umat Hindu di seluruh penjuru kota Surabaya, terus dimatangkan menjelang Melasti.

“Tentunya akan hadir ribuan umat Hindu dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo untuk bersama-sama menggelar Melasti. Koordinasi masih terus kami lakukan, untuk lebih mematangkan acara,” ujar Made Sueca.

Rencananya, umat Hindu akan berkumpul di Pura Agung Jagad Karana mulai sekitar pukul 08.00 WIB. Kemudian bergerak menuju lapangan AAL dalam iring-iringan yang panjang, karena seluruh umat akan berjalan kaki.

Tentunya, dibutuhkan kesiapan petugas di lingkungan panitia sendiri maupun koordinasi dengan Kepolisian agar iring-iringan ribuan umat Hindu tersebut tidak sampai mengganggu arus lalu lintas di sepanjang jalan yang dilintasi.

“Harapan kami, iring-iringan ribuan umat Hindu tersebut nantinya tidak akan mengganggu arus lalu lintas. Karena Melasti juga satu diantara rangkaian persembahyangan yang pasti diikuti ribuan umat Hindu,” pungkas Made Sueca pada suarasurabaya.net.

Sementara itu, disampaikan Ketut Sedana Pemangku Pura Agung Jagad Karana, bahwa Melasti intinya adalah penyucian diri serta penyucian alam yang wajib dilaksanakan sebelum perayaan Nyepi. “Dan biasanya memang diikuti ribuan umat Hindu dari seluruh penjuru Kota Surabaya dan sekitarnya,” tukas Ketut Sedana.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
31o
Kurs