Senin, 20 Mei 2024

Ribuan Umat Hindu Gelar Upacara Melasti di Perak

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ribuan umat hindu sedang melakukan Upacara Melasti, di Pura Jagad Karana. Foto: Denza suarasurabaya.net

Ribuan umat Hindu berjalan beriring-iringan menuju lokasi upacara Melasti di kompleks Akademi Angkatan Laut, Perak Pura Jagat Karana Surabaya, Minggu (15/3/2015) pagi.

Umat hindu dari seluruh pura di Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Lamongan dipimpin Pedanda memulai persembahyangan Melasti sebagai rangkaian upacara Hari Raya Nyepi 1937 Saka.

AKP Wayan Sumantra, Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengatakan lalu lintas di wilayah sekitar Jalan Lumba-Lumba dan Krembangan akan sedikit terganggu, karena peserta upacara akan berkeliling di areal Pura Jagad Karana.

“Kemarin, Sabtu (14/3/2015), kami sudah mendapat surat dari pengurus Pura. Kami menerjunkan 30 personil untuk mengamankan, terutama akses jalan yang kecil. Kami mohon maaf pengguna jalan di sekitar lokasi Melasti sedikit terganggu,” kata Wayan kepada Radio Suara Surabaya.

Sekadar diketahui, Melasti adalah upacara pensucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu. Upacara Melasti digelar dengan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan buruk di masa lalu dan membuangnya ke laut atau air kehidupan (tirta amerta). (den/iss/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
32o
Kurs