Jumat, 29 Maret 2024
Siswa Masih Gamang

SMA dan SMK di Surabaya 80 Persen Siap UNAS Online

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ikhsan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya saat jumpa pers di Gedung Sawunggaling Pemkot Surabaya,.

Dinas Pendidikan Kota Surabaya memastikan semua SMA dan SMK Negeri di Surabaya siap menyelenggarakan UNAS Online. Sesuai jadwal, UNAS Online ini akan dilaksanakan mulai 7 april 2015 yang akan datang.

Ikhsan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengatakan, prosentase kesiapan SMA di Surabaya menghadapi UNAS Online ini mencapai 80%.

“Yang mungkin masih perlu dilengkapi jaringan komputer di masing-masing sekolah,” kata Ikhsan kepada wartawan dalam jumpa pers di Gedung Sawunggaling Pemkot Surabaya, Jumat (20/2/2015).

Kesiapan SMK di Surabaya justru lebih baik daripada SMA. Ikhsan menambahkan, beberapa waktu lalu, masih ada SMK yang mengajukan ke Dinas Pendidikan supaya bisa turut menyelenggarakan Unas Online.

Pelaksanaan Unas Online ini menggunakan jaringan lokal berupa server yang terkoneksi dengan 25 atau maksimal 40 komputer klien yang ada di masing-masing sekolah. Sehingga, sistem Unas ini bisa dikatakan semi online, atau tidak bergantung sepenuhnya pada koneksi internet. “Jadi tidak perlu khawatir ada gangguan koneksi internet saat pelaksanaan Unas,” tegasnya.

Sementara itu, Dewan Pendidikan Kota Surabaya menilai siswa yang akan mengikuti Unas Online ini masih gamang. Martadi, Ketua Dewan pendidikan Kota Surabaya mengungkapkan, secara psikologis siswa harus dipastikan siap mengikuti ujian ini.

“Secara bobot konten, soal tes Unas dengan computer based test (CBT) paper based test (PBT) tidak berbeda. Hanya saja, perbedaan sistem ini akan menjadi masalah kalau siswa yang mengikuti belum terbiasa,” katanya.

Karena itulah, masih perlu adanya pendampingan bagi siswa. Tidak hanya itu, tryout online di sekolah-sekolah yang akan menyelenggarakan UNAS Online perlu terus dilakukan hingga dua bulan ke depan.

Sekadar diketahui, sebanyak 22 SMA di Surabaya dipastikan ikut menyelenggarakan Unas Online ini. Sedangkan untuk SMK, hanya ada satu SMK saja yang tidak menyelenggarakan Unas dengan sistem online, yaitu SMK Negeri 12 Surabaya. (den/wak)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs