Kamis, 25 April 2024

Stok Darah Menipis, Waiting List Makin Panjang

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Perolehan darah di PMI Surabaya terus menurun. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Sejumlah warga masyarakat yang membutuhkan darah dari PMI Surabaya, dan sudah masuk dalam daftar tunggu atau waiting list, hingga Kamis (29/1/2015) terpaksa harus bersabar menunggu lantaran, stok persediaan darah di PMI Surabaya terus menerus menipis.

“Sudah ngurus surat-suratnya. Hari Rabu (28/1/2015) kemarin. Masih nunggu dikabari lagi kalau permintaan darah sudah tersedia, baru bisa diambil. Ada keluarga yang sakit. Butuh darah. Mudah-mudahan bisa cepat dapat darahnya, soalnya masih butuh lagi,” ujar Solikin warga Sidoarjo, Kamis (29/1/2015) saat ditemui suarasurabaya.net.

Sementara itu, disampaikan Agung Tri Jutanto Humas PMI Surabaya, daftar tunggu masyarakat yang membutuhkan darah memang ada di PMI Surabaya. Biasanya mereka yang masuk daftar tunggu nantinya akan dikabari kembali jika darah yang dibutuhkan sudah masuk. Dan dengan menipisnya stok persediaan darah, maka dapat dipastikan daftar tunggu itu menjadi makin panjang.

“Kalau stok darahnya menipis, dapat dipastikan daftar tunggu juga akan menjadi semakin panjang. Kami terus berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan itu. Ini memang yangkami khawatirkan sehubungan dengan menipisnya stok persediaan darah di PMI Surabaya. Oleh karena itu harus terus diupayakan agar stok tidak menipis,” tegas Agung Tri Jutanto.

Hingga Kamis (29/1/2015) stok persediaan darah di PMI Surabaya masih belum seperti hari-hari sebelumnya. Penurunan perolehan darah menurun, dan berdampak menipisnya stok persediaan darah.

“Semoga waiting list tidak terus memanjang. Kemungkinan juga penurunan perolehan darah berkaitan dengan masih belum banyaknya instansi yang menggelar kegiatan donor darah,” pungkas Agung Tri Jutanto, Kamis (29/1/2015).(tok/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs