Jumat, 29 Maret 2024

Ternyata Anjing Paham Ekspresi Wajah Manusia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Jurnal Cell Press Current Biology mempublikasikan bahwa anjing bisa membedakan ekspresi emosi manusia. Para peneliti mengatakan temuan itu sebagai bukti pertama bahwa binatang juga bisa membedakan ekspresi emosi spesies lain.

“Studi kami menunjukkan bahwa anjing-anjing bisa membedakan ekspresi marah dan senang manusia, dan mereka bisa tahu bahwa dua ekspresi ini punya arti berbeda,” kata Ludwig Huber, penulis utama dan pemimpin kelompok studi di Messerli Research Institute, University of Veterinary Medicine Vienna, Kamis (12/2/2015) seperti dilansir Antara.

Dalam penelitiannya, para peneliti melatih anjing untuk membedakan gambar-gambar orang yang sama dengan wajah senang atau marah. Hasilnya, anjing menghubungkan wajah senyum dengan arti positif dan ekspresi wajah marah dengan arti negatif.

Para peneliti akan terus mengeksplorasi peran pengalaman dalam kemampuan anjing mengenali emosi manusia. Mereka berencana mempelajari bagaimana anjing mengekspresikan emosi dan bagaimana emosi mereka mempengaruhi emosi pemilik mereka atau manusia yang lain.

“Kami ingin mengetahui ikatan luar biasa antara manusia dengan binatang peliharaan mereka, serta kehidupan emosional binatang secara umum,” kata Corsin Muller dari University of Veterinary Medicine Vienna, seperti dilansir laman ScienceDaily.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs