Minggu, 12 Mei 2024

Uang Miliaran yang Dibawa Penumpang Trigana Air Ditemukan Hangus

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Marsekal Madya Bambang Soelistyo Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas). Foto: Dok. suarasurabaya.net

Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) mengatakan, tim menemukan uang dalam kondisi hangus di tempat jatuh pesawat Trigana PK-YRN.

“Saya sudah menginstruksikan kepada tim untuk mengamankan uang tersebut dan menyerahkannya kepada pihak berwajib,” ujarnya di Jayapura, Selasa (18/8/2015).

Antara melaporkan, uang yang hangus tersebut — beberapa lembar di antaranya masih terlihat berbentuk uang — merupakan uang bantuan sosial yang dibawa oleh petugas PT Pos Indonesia Cabang Jayapura.

“Mengenai uang tidak ada kepentingan dengan Basarnas, tapi ada beban moral untuk bisa menyakinkan dan menemukan serta mengamankan uang tersebut,” kata Bambang.

Dia menjelaskan penemuan uang ini bersamaan dengan kotak hitam dan keseluruhan jenazah korban di lokasi tempat jatuhnya pesawat.

“Sekitar pukul 14.10 WIT kotak hitam, keseluruhan jenazah korban, dan uang sudah ditemukan di lokasi tempat pesawat jatuh,” katanya lagi.

Peawat Trigana PK-YRN dengan nomor penerbangan IL-257 hilang kontak di sekitar wilayah Oksibil yaitu di Kampung Atenok, Distrik Oksob, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Pesawat hilang saat hendak menempuh rute Jayapura (DJJ)-Oksibil (OKS). Pesawat tinggal landas dari Bandara Sentani pukul 14.22 WIT dengan estimasi tiba pada pukul 15.04 WIT.

Pukul 14.55 WIT pesawat tersebut melakukan kontak dengan tower Oksibil. Ternyata kontak tersebut merupakan kontak terakhir, karena setelah pukul 15.00 WIT tidak ada jawaban dari pesawat tersebut ketika dihubungi petugas tower.

Dalam pesawat tersebut tercatat 49 penumpang dengan lima kru pesawat. Beberapa penumpangnya merupakan pegawai PT Pos Indonesia Cabang Jayapura yang membawa uang bansos sekitar Rp6,5 miliar.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
26o
Kurs