Kamis, 2 Mei 2024

Demo Ribuan Petani Tebu, Jalan Pahlawan Macet

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Aksi unjuk rasa petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), Senin (15/8/2016) di Jalan Pahlawan. Foto: Taufik suarasurabaya.net

Aksi unjuk rasa petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) sudah dimulai sejak Senin (15/8/2016) pukul 08.00 WIB pagi ini di Jalan Pahlawan. Imbasnya, sejumlah jalan mengalami kemacetan.

Untuk mengurai kemacetan, Satlantas Polrestabes Surabaya melakukan sejumlah rekayasa, antara lain menutup sebagian jalan yang mengarah ke Kantor Gubernur Jawa Timur Jalan Pahlawan.

“Orasi di depan jalan Indrapura sudah selesai, dan tadi juga sempat demo di depan PTPN. Sekarang demonstran sudah berkumpul di depan Kantor Gubernur,” kata AKP Warih Hutomo Kaurbinops Satlantas Polrestabes Surabaya kepada Suara Surabaya, Senin (15/8/16).

Saat ini, lanjut dia, jalur samping Kantor Gubernur Depan Tugu Pahlawan sementara ditutup karena ada sekitar 70 bus diparkir di dekat pasar samping Kantor Gubernur Jawa Timur.

Sedangkan dari arah Bubutan ke Tugu Pahlawan masih bisa dilalui, dan kendaraan dari arah Pasar Turi tidak bisa langsung lurus ke Tugu pahlawan, tapi harus putar dulu.

“Demonstran sudah melakukan orasi di depan Kantor Gubernur, tapi sekarang dua lajur di depannya masih bisa digunakan. Tadi memang antreannya sampai Jembatan Merah Plaza, tapi sekarang sudah mulai bisa bergerak lancar,” tegasnya.

Menurut rencana, aksi untuk rasa sekitar 6 ribu petani tebu dari sejumlah daerah di Jawa Timur ini akan berlangsung sampai sore hari ini. Sebagai langkah antisipasi, sekitar 70 bus yang digunakan untuk mengangkut petani tebu diarahkan untuk parkir di samping Kantor Gubernur dengan pertimbangan bisa langsung bergerak ke arah jalan tol. (rid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs