Kamis, 28 Maret 2024

Gus Ipul Minta Perbankan Tingkatkan Pemberian Kredit Usaha Rakyat

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Saifullah Yusuf (tiga dari kiri), Wakil Gubernur Jawa Timur ketika berkunjung ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong, Kabupaten Lamongan, Kamis (7/10/2016). Foto : Humas Jatim

Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur minta program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Corporate Social Responsibility (CSR) Perbankan dan swasta terus diperluas dan ditingkatkan. Tujuannya agar makin banyak masyarakat kecil, seperti petani dan nelayan yang dapat mengakses modal.

“Pemerintah membutuhkan bantuan pembiayaan untuk rakyat kecil, khususnya petani dan nelayan agar kesejahteraan mereka dapat meningkat. Karena itu, dengan adanya program KUR dan CSR dari perbankan dan swasta akan membantu akselerasi penyaluran modal tersebut,” kata Gus Ipul, Jumat (7/10/2016).

Menurut Gus Ipul, pembiayaan dari perbankan juga harus semurah mungkin sehingga manfaatnya memang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat. Dengan bunga yang rendah, maka manfaat dari pembiayaan akan bisa langsung dirasakan.

Apalagi, banyak masyarakat berpenghasilan rendah yang tidak bankable sehingga membutuhkan bantuan permodalan dari perbangkan yang tak membutuhkan syarat ribet untuk pencairannya.

Gus Ipul mencontohkan, pada Kamis (6/10/2016) kemarin, di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong, Kabupaten Lamongan, dilakukan pemberian KUR dan CSR dari Bank Mandiri yang sasarannya untuk para nelayan. “Langkah seperti ini harus ditingkatkan dan perlu mengajak perbankan lain untuk ikut ambil bagian,” kata Gus Ipul. (fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs