Sabtu, 4 Februari 2023

Harga Pangan Dunia Turun Karena Produksi Gandum AS Menguat

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Gedung FAO. Foto : un.org

Indeks Harga Pangan dari Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) mengalami penurunan untuk kali pertama dalam setengah tahun terakhir pada Juli, didorong lebih rendah oleh penurunan harga biji-bijian dan sereal, menurut FAO, Kamis (5/8/2016).

Penurunan dalam indeks keseluruhan moderat, hanya 0,8 persen. Tetapi itu membalikkan tren kenaikan harga selama lima bulan, yang hampir menghapus setengah penguatan dari periode penurunan harga dua tahun yang mendahuluinya.

Biji-bijian dan sereal, komponen terbesar dalam indeks, tergelincir 5,6 persen karena kondisi-kondisi cuaca yang baik di wilayah pertumbuhan gandum di Amerika Serikat. Penurunan ini terjadi terlepas dari naiknya harga beras.

Dilansir Antara, harga minyak dan lemak juga turun, mundur 2,8 persen. Tapi semua sektor lainnya melihat kenaikan harga, dengan harga susu naik 3,2 persen, perdagangan daging 1,3 persen lebih tinggi, dan harga gula melompat 1,0 persen.

FAO mengatakan, dengan tidak adanya perubahan mendasar di pasar, hal itu memungkinkan penurunan indeks pada Juli bisa berumur pendek.

Indeks FAO berikutnya, yang didasarkan pada sekeranjang 55 barang dan 73 kutipan harga dalam lima kelompok komoditas pangan utama, akan dirilis pada 8 September.(ant/tit/tok)

Berita Terkait