Kamis, 2 Mei 2024

Ini 9 Kuliner Malam di Surabaya

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan
Nasi Duro Pegirian di Jalan Pegirian Surabaya. Foto: Majalah SCG

Jelajah kuliner, semua orang tahu Surabaya surganya. Ragam jenis panganan dan jajanan semua ada. Demi memudahkan para petualang rasa, pemerintah kota membangun sentra-sentra makan dan pasar pusat jajanan. Agar warga atau tamu kota lebih mudah mencapainya.

Selama berada di Kota Seribu Taman ini jangan khawatir soal makanan. Siapkan saja perut Anda, untuk menikmati keragaman kuliner yang ada. Selebihnya nikmati pula kehangatan suasana dan keramahan warganya.

Berikut pilihan kuliner malam yang dikutip dari majalah Surabaya City Guide:

Soto Madura Wawan
Di antara pedagang soto, ada satu nama yang sudah menjamah pertokoan besar, yaitu Soto Wawan. Satu porsi lengkap soto ini, terdiri dari irisan daging, hati, babat, usus dan satu butir telur ayam rebus diberi taburan bawang goreng dan seledri. Jika tidak suka dengan jeroan, Anda bisa memesannya tanpa usus atau paru.

Bubur Ayam Bang Rosi
Bubur Ayam, siapa yang tak mengenal kuliner ini. Bubur yang lembut, diberi kuah bumbu, ditaburi ayam cincang suwir, cakwe, daun bawang, seledri, kacang goreng, bawang goreng, dan dilengkapi kerupuk. Agar menambah semangat dalam menjalani ibadah puasa Ramadhan, tidak ada salahnya jika bubur menjadi salah satu alternatif ketika bersantap sahur. Bagi Anda yang tinggal di daerah sekitar Wiyung Surabaya, atau ketika sedang melintas di kawasan tersebut, Anda bisa menemukan warung “Bubur Ayam Khas Jakarta Bang Rosi”.

Sop Buntut Gelora Pancasila
Telinga warga Surabaya pasti tidak asing ketika mendengar nama Sop Buntut Gelora Pancasila. Rasa dari sop buntut ini memang telah melegenda. Walaupun kuliner tersebut sudah ada sejak tahun 1975, kenikmatannya tidak berubah hingga sekarang. Sop Buntut Gelora Pancasila pun mengambil “Jawaranya Sop Buntut Sedunia” sebagai jargonnya.

Penyetan Padin
Tidak banyak tempat makan yang menyediakan menu penyetan dan buka selama 24 jam di kota Pahlawan. Salah satunya adalah Warung Padin di jalan Kranggan. Berada di pinggir jalan, Anda bisa dengan mudah menemukannya. Tak hanya spanduk dan tempatnya yang besar, tapi warung yang buka sejak 1989 ini memang terkenal.

Nasi Duro Pegirian
Ramai dan dijubeli pembeli kerap kali dijadikan indikator sebuah warung makan memiliki sajian enak. Apalagi jika disesakinya sejak jam pertama dibuka. Seperti warung makan Nasi Madura di jalan Pegirian ini, pengunjung datang berangsur seolah tidak berhenti. Dengan jam buka sepanjang malam, warung tersebut selalu ramai untuk menemani ibadah buka serta sahur.

Pecel Rawon Pucang
Sajian rawon di kota ini sudah biasa, demikian pula dengan menu pecel. Tapi apa jadinya bila dua menu beda rasa itu disajikan dalam sebuah piring? Sajian pecel rawon seperti itulah yang bisa Anda coba di warung pojok pecel campur rawon di bilangan Pucang Adi, Pasar Pucang Surabaya. Jika merasa lapar di atas pukul 10.00 malam, tak ada salahnya Anda mencoba sensasi rasa di warung pojok ini.

Depot Sederhana
Depot yang berlokasi di Gubeng Pojok ini sudah tersohor namanya di kalangan pecinta kuliner malam. Hal tersebut disebabkan karena Depot Sederhana memang buka 24 jam dari hari Senin hingga Minggu. Tahukah Anda jika depot yang lebih sering disebut warung rakyat ini buka sejak tahun 1974? Namun baru pada tahun 90an Depot Sederhana membuka tempat makannya selama 24 jam.

Green House kitchen Bistro
Kacang hijau, tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita dengan tanaman kacang-kacangan yang satu ini. Bermacam-macam olahan makanan bisa dibuat dengan bahan kacang hijau. Seperti kue, bubur kacang hijau, es kacang hijau, onde-onde, puding dan masih banyak lainnya. Selain itu, kacang hijau pun banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.

Rock `n Sugar Coffee and Bistro
Bingung mencari tempat untuk bersantap sahur di kawasan Jemursari? Anda bisa langsung datang ke Luminor Hotel yang berlokasi di Jalan Raya Jemursari 206-208. Luminor Hotel memiliki Rock ʼn Sugar Coffee & Bistro yang buka selama 24 jam. Restaurant ini memiliki area indoor dan outdoor. Di desain dengan gaya rustic dan dilengkapi sistem pencahayaan maksimum, restaurant ini juga cocok untuk kegiatan berkomunitas.(scg/dop/ipg)

Teks Foto:
1. Soto Madura Wawan.
2. Bubur Ayam Bang Rosi
3. Sop Buntut Gelora Pancasila.
4. Pecel Rawon Pucang.
Foto: Majalah SCG

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs