Selasa, 21 Mei 2024

Jangan Coba-coba Narkoba, Bisa Sengsara Sepanjang Usia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
AKBP Suparti Kepala BNN kota Surabaya bersama mahasiswa-mahasiswi UKWMS. Foto: Totok suarasurabaya.net

Di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Senin (22/8/2016) AKBP Suparti Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya, menegaskan agar mahasiswa tidak pernah coba-coba menggunakan narkoba.

“Apapun jenisnya, narkoba itu berbahaya. Sekali Anda mencoba, bisa sengsara nanti sepanjang usia. Kalau ketagihan kemudian jadi pecandu, bukan hanya diri sendiri tetapi keluarga ikut merasakan deritanya. Ini yang selalu terjadi. Hindari dan jangan coba-coba narkoba,” tegas AKBP Suparti.

Saat ini, lanjut Suparti, di Surabaya marak dengan adanya berbagai tempat hiburan yang secara tidak langsung signifikan dengan makin luasnya peredaran berbagai jenis narkoba.

Awalnya barangkali memang sekadar coba-coba saja. Diberi teman, lalu dinikmati bersama. Belakangan kemudian harus membeli jika sudah ketagihan dengan narkoba.

“Tidak hanya mahasiswa, sekarang ini banyak juga mahasiswi-mahasiswi yang terlibat peredaran dan bahkan menjadi pecandu narkoba. Ini sangat memprihatinkan sekali. Dari yang awalnya sekedar coba-coba berlanjut jadi perkara,” kata Suparti.

Suparti menegaskan bahwa peredaran narkoba saat ini memang sangat luar biasa. Dikalangan mahasiswa dan remaja narkoba seakan menjadi bagian dari gaya hidup. “Jadi lifestyle. Kalau tidak pakai narkoba, tidak keren. Itu salah sekali,” ujar Suparti.

Justru jika menggunakan narkoba maka selain akan berurusan dengan diri sendiri sebagai pecandu, juga kemungkinan akan berurusan dengan Kepolisian, jika akhirnya tergelincir menjadi pengedar.

“Terus kalau sudah begitu, maka kerennya? Justru narkoba harus dihindari. Hidup bersih jauhi narkoba. Jangan pernah coba-coba, karena bikin sengsara sepanjang usia. Kalau mati?” kata Suparti.

Acara yang juga dihadiri perwakilan Dispora Surabaya, dan satu orang mantan pecandu, digelar untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa, anak muda, khususnya mahasiswa UKWMS tentang bahaya narkoba serta dampaknya yaitu HIV/AIDS.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
32o
Kurs