Senin, 29 April 2024

Jawa Timur akan Alami Cuaca Ekstrem hingga 8 Agustus

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto : Netter e100

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Jawa Timur berpotensi mengalami cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 6-8 Agustus 2016.

Informasi dari laman BMKG yang dikutip Antara, Sabtu (6/8/2016), wilayah lain yang diprediksi mengalami hal serupa adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat serta Sulawesi Tengah.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat yaitu Aceh, Kalimantan Timur, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Hal itu disebabkan adanya pertemuan massa udara di Laut Cina Selatan hingga Samudera Pasific sebelah Utara Papua serta belokan angin di Selat Makassar hingga Laut Seram.

Serta kelembaban udara tinggi di sebagian besar wilayah di Indonesia. Kondisi ini mendukung proses pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini cuaca yang diperkirakan akan terjadi pada Minggu (7/8/2016) terhadap sejumlah wilayah di Indonesia.

Wilayah Aceh Bagian Utara, Barat Dan Selatan juga diimbau mewaspadai angin kencang yang diperkirakan akan terjadi pada Minggu (7/8/2016).

Juga waspada angin kencang hingga 40 kilometer per jam dan gelombang tinggi lebih dari dua meter yang berpotensi terjadi di Samudera Pasifik Utara Halmahera dan Perairan Utara Halmahera.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini adanya kenaikan tinggi gelombang air laut yang harus di waspadai di Perairan Nusa tenggara Barat hingga mencapai tiga meter.

Serta mewaspadai gelombang laut dengan ketinggian 1,25-2,5 meter yang terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Kepulauan Sabalana dan Perairan Kepulauan Selayar.(ant/iss/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs