Rabu, 22 Mei 2024

Jelang Libur Panjang Terminal Purabaya Disidak, Sopir Tes Kesehatan

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Petugas Dinas Perhubungan Jatim melakukan pengecekan kelayakan roda bus di Terminal Purabaya, Rabu (4/5/2016). Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Petugas gabungan dari Subdit Dikyasa Ditlantas Polda Jatim bersama, Ditnarkoba, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan BNN Provinsi Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Terminal Purabaya Surabaya, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Rabu (4/5/2016).

Petugas gabungan ini melakukan pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan, kelayakan armada bus. Serta meminta sopir dan kernet, untuk menjalani tes kesehatan dengan urine nya. “Sidak yang kita lakukan dalam rangka libur panjang, dari Kamis besok hingga Minggu,” kata AKBP Adewira Siregar Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Jatim, Rabu (4/5/2016).

Pemeriksaan tes kesehatan, kata Adewira, untuk mengetahui kondisi pengemudi sopir dan kernet saat mengemudi itu kondisinya, seperti bagaimana? Apakah saat mengemudi itu sakit atau tidak?

Sedangkan, untuk tes urine untuk mengetahui apakah saat mengemudi itu terpengeruh dengan narkoba atau tidak? Sebab itu penting diketahui, karena jangan sampai saat mengemudi bus dengan membawa penumpang, ternyata kondisinya tidak memungkinkan.

Sehingga menyebabkan terjadi kecelakaan lalu lintas saat mengemudi. “Dengan tes kesehatan yang dilakukan itu juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan,” ujarnya.

Dengan tes kesehatan yang dilakukan petugas mengharapkan bisa menekan angka kecelakaan dan memberikan pelayanan kenyamanan pada penumpang.

“Yang menjadi prioritas ini adalah penindakan pada angkutan bus. Karena banyak pengemudi bus yang memang ugal-ugalan. Jika memang ada bakal ditindak tegas, dan nanti akan dikoordinasikan dengan Dishub Jawa Timur,” ujar dia. (bry/ipg)

Teks Foto:
– Salah seorang sopir bus menunggu hasil tes urine, apakah positif menggunakan narkoba atau negatif.
Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
31o
Kurs