Rabu, 6 Juli 2022

Kendala Teknis, Air Asia QZ 302 Sby-Bangkok Kembali ke Landasan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Pesawat Air Asia QZ 302 tujuan Surabaya-Bangkok Return To Base atau harus kembali ke landasan setelah 20 menit take off, Rabu (13/1/2016).

Haruman Manager Operasional Bandara Internasional Juanda mengatakan, Air Asia QZ 302 mengalami kendala teknis. Sesuai jadwal pesawat tersebut take off pukul 12.45 WIB dan seharusnya landing di Bangkok sekitar pukul 14.40 WIB.

Haruman menegaskan kembalinya pesawat ke landasan tentunya dengan pertimbangan keselamatan penerbangan pihak airlines.

“Ini menjadi keputusan yang tepat jika airlines memutuskan untuk kembali ke landasan awal di bandara Internasional Juanda,” kata dia pada Radio Suara Surabaya.

Saat ini pesawat yang membawa 146 penumpang tersebut sudah berada di apron Terminal 2 Bandara Internasional Juanda, dan sedang dilakukan pengecekan. “Sekarang teknisi dari airline melakukan regulasi dan memastikan kondisi pesawat,” ujar dia.

Sebanyak 146 penumpang pesawat tersebut, kata dia, dalam kondisi sehat dan masih menunggu kepastian keberangkatan pesawat.

Haruman menjelaskan, untuk kompensasi pada seluruh penumpang menjadi tanggung jawab maskapai. Ini sesuai dengan peraturan pemerintah (Permen) No.77 terkait penerbangan.

Sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti apa penyebabnya teknis yang dialami Air Asia QZ 302 Jika nanti sudah ditemukan masalah teknisnya pasti akan dikoordinasikan dengan pihak bandara, kata Haruman.

“Insiden ini tidak mempengaruhi jadwal penerbangan di bandara Juanda karena termasuk low session. Tapi mungkin yang terganggu connecting flight yang di Bangkok,” tambah dia.

Sebelumnya Erik pendengar Suara Surabaya menceritakan kawannya menjadi penumpang Air Asia QZ 302 , “Seharusnya pesawat terbang 11.30 WIB, tapi baru terbang jam 2 siang dan akhirnya balik lagi ke Juanda karena info kerusakan mesin, gimana ini ?,” tanya Erik. (dwi/rst)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
24o
Kurs