Sabtu, 18 Mei 2024

Konsistensi Jadi Prioritas Politik Luar Negeri Indonesia

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Retno LP Marsudi. Foto: Antara

Retno LP Marsudi Menteri Luar Negeri Indonesia, Minggu (6/3/2016) membuka dan memimpin pertemuan luar biasa tingkat menteri ke-5 Organisasi Kerja Sama Islam (PTM OKI) untuk Palestina dan Al-Quds Al-Sharif di Jakarta.

“Pertemuan hari ini adalah untuk memperkuat outcome dokumen yang akan dibahas para kepala negara besok tanggal 7 Maret 2016, selain itu Pertemuan Luar Biasa OKI ini adalah bagian dari peran aktif Indonesia di dunia Internasional sebagai pilar ke-empat prioritas politik luar negeri Indonesia,” ujar Menlu RI pada pernyataan pers seusai PTM OKI.

Dalam pidato pembukaan PTM OKI, Retno menegaskan kembali pentingnya KTT OKI LB. “Semakin lama kita menunggu, semakin terkubur hak-hak dasar dan kebebasan masyarakat Palestina,” kata dia.

Retno menegaskan bahwa isu Palestina tidak dapat diselesaikan hanya oleh satu negara, sehingga KTT diharapkan untuk menghasilkan resolusi bersama yang menegaskan kembali posisi prinsip dan komitmen OKI untuk mendukung Palestina dan Al-Quds Al-Sharif. Indonesia juga menggagas agar pertemuan ini dapat menghasilkan Jakarta Declaration yang memuat langkah-langkah konkrit yang akan dilakukan bagi Palestina dan Al-Quds Al-Sharif.

Menlu RI, pada pidato pembukaannya juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk menyumbangkan bantuan total US$ 1,5 juta setiap tahunnya dalam beberapa tahun ke depan untuk membantu rakyat Palestina. Sebelumnya, Indonesia juga telah menyumbangkan US$ 1 juta untuk Palestina melalui UN Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (UNOCHA) Indonesia menjadi tuan rumah konferensi tingkat tinggi ke-5 OKI untuk Palestina dan Al Quds Al Sharif pada tanggal 7 Maret 2016, pertemuan ini dihadiri oleh 605 delegasi dari 57 negara dan 2 Organisasi Internasional serta akan diliput oleh lebih dari 500 wartawan.(faz/iss/dop)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs