Kamis, 28 Maret 2024

Lepasliarkan 245 Tukik, Peringati Hari Sumpah Pemuda

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Wiyanto Haditanojo owner Banyuwangi Sea Turtle Foundation saat menunjukkan tukik pada anak-anak. Foto: Wiyanto Haditanojo via redaksi

Sebanyak 245 ekor tukik akan dilepasliarkan di pantai Boom Banyuwangi, Sabtu (29/10/2016) memperingati hari Sumpah Pemuda. Tema dari pelepasan tukik ini “Kebangsaan Bhinneka Tunggal Ika”.

Wiyanto Haditanojo owner Banyuwangi Sea Turtle Foundation mengatakan, jumlah tukik yang dilepaskan ini juga sesuai dengan usia kota Banyuwangi yakni 245 tahun.

Kata Wiyanto, sebanyak 34 pelajar SMA Katolik di Banyuwangi akan ikut dalam pelepasan tukik ini akan mengenakan pakaian adat Indonesia. Selain pelajar juga ada kelompok, golongan, suku, ras, tokoh-tokoh agama dan warga asing yang berdomisili di Banyuwangi.

“Kami agendakan bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda agar semua ikut bersama melestarikan alam. Karena alam ini yang memberikan udara, matahari bagi kita semua,” kata Wiyanto pada suarasurabaya.net.

Persiapan untuk pelepasan tukik ini, kata dia, sudah mencapai 85 persen. “Harapan kami, acara pelepasan tukik nanti ini alam bisa mendukung. Semoga tidak hujan nanti pas hari H,” ujar dia.

Sampai saat ini, tambah Wiyanto, ada sekitar 400an tukik yang dikarantina dan ada ada 1 sarang telur yang berisi 70-140 telur tukik di kawasan pantai Boom. (dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs