Sabtu, 18 Mei 2024

Lima WNA Digerebek di Sutorejo Diduga karena Izin Tinggal Bermasalah

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Ilustrasi.

Anggota Satuan Intelkam Polrestabes Surabaya menggerebek rumah di Jalan Sutorejo Prima Indah Utara VI Blok PPA 3 Nomor 9, Selasa (9/8/2016) malam.

Polisi berpakaian preman yang tiba di lokasi langsung menggeledah mobil boks yang parkir di garasi mobil. Selain itu, polisi juga menginterogasi lima orang terdiri dari tiga pria dan dua perempuan tersebut. Kelimanya merupakan warga negara asing yang diduga berasal dari China.

Mereka diinterogasi terkait aktivitas selama hampir tiga bulan tinggal di Surabaya. Kelimanya berkelit saat diinterogasi dan tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat izin tinggal.

Akhirnya polisi terpaksa membawa kelimanya ke kantor polisi untuk pemeriksaan lebih lanjut, terutama pemeriksaan visa-nya, visa kerja atau tamasya.

Menurut Solomon, petugas keamanan perumahan, penggerebekan ini berawal saat dia sering melihat mobil masuk di komplek perumahan Sutorejo Prima Indah. Pengendara mobil itu tidak bisa berbahasa Indonesia dan sering berganti-ganti.

“Setiap datang ke rumah itu, ditanya kepala keamanan katanya mengantarkan barang. Tapi tidak bisa menunjukkan surat,” kata Solomon.

Petugas keamanan yang curiga langsung melaporkan hal tersebut ke kantor polisi. “Kita antisipasi saja. Apalagi orangnya itu tidak bisa bahasa Indonesia. Dan saya dengar kelimanya itu masalah exit permit-nya sudah tidak berlaku,” ujar dia. (bry/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
33o
Kurs