Kamis, 25 April 2024

MUI Segera Keluarkan Fatwa Terkait Padepokan Dimas Kanjeng

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Majelis Ulama Indonesia segera mengeluarkan fatwa terkait Padepokan Dimas Kanjeng yang diduga memiliki kesesatan karena mengaitkan ajarannya dengan akidah Islam.

“MUI secara lengkap akan membuat fatwa dari laporan itu. MUI Pusat menerima laporan MUI Jawa Timur terkait kasus Padepokan Dimas Kanjeng,” kata Maruf Amin Ketua Umum MUI di Jakarta, Selasa (4/10/2016).

Secara umum, kata Maruf, dapat disimpulkan Dimas Kanjeng melakukan tindakan kesesatan secara akidah Islam. Alasannya, Dimas Kanjeng menyampaikan kepada masyarakat bahwa dirinya dapat meniru kemampuan Allah dalam konteks “kun fayakun” (jadi maka jadilah).

Maruf mengatakan “kun fayakun” merupakan frasa perlambangan sifat Tuhan. “Dia menyamakan dirinya seperti Tuhan, seolah mengatakan saya adalah Tuhan. Selengkapnya, terkait persoalan itu akan dikaji oleh Komisi Fatwa MUI,” katanya.

Ketum MUI juga meminta pemerintah harus mengusut tuntas tindakan kriminal di dalam Padepokan Dimas Kanjeng. Terlebih padepokan tersebut memiliki jaringan yang luas di Indonesia tidak hanya di Jawa Timur tetapi juga di Jawa Barat dan Sulawesi. Tidak mustahil terdapat aktor intelektual di dalam organisasi itu.

“Kami juga mengusulkan Padepokan Kanjeng Dimas ditutup. Untuk korban kegiatan itu agar pemerintah melakukan rehabilitasi dari berbagai segi seperti pemikirannya, aspek ekonominya yang terpuruk karena bagian dari bangsa kita,” kata dia, seperti dilansir Antara.

Bagi masyarakat, Maruf mengharapkan agar mereka tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan isu-isu tersebut. Hal yang tidak kalah penting adalah masyarakat tidak main hakim sendiri dan menyerahkan penyelesaian kasus tersebut kepada pemerintah.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
29o
Kurs