Minggu, 28 April 2024

Mahkamah Agung Putuskan Merelokasi Persidangan Ahok ke Jaksel

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Kantor sementara PN Jakarta Utara, di Jalan Gajah Mada 17, Jakarta Pusat, tempat persidangan Ahok atas kasus dugaan penodaan agama. Foto: Farid suarasurabaya.net

Sidang kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), akan dipindah ke Auditorium Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, sidang sudah dua kali digelar di kantor sementara Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada Nomor 17, Jakarta Pusat.

Hatta Ali Ketua Mahkamah Agung, mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 221/KMA/SK/2016, tertanggal 22 Desember 2016, soal pemindahan lokasi sidang.

Ridwan Mansyur Kabiro Hukum dan Humas Mahkamah Agung mengatakan, keputusan pemindahan lokasi itu diambil sesudah mempertimbangkan permohonan Kajati DKI dan Kapolda Metro Jaya.

Alasan pemindahan itu, supaya lebih banyak menampung pengunjung, dan aparat keamanan bisa bekerja lebih efektif dalam menjaga Kamtibmas.

Beberapa hari lalu, Irjen Mochamad Iriawan Kapolda Metro Jaya merekomendasikan dua tempat, di Jakarta Selatan.

Pertama di gedung yang terletak di depan SMA 28, Jalan Raya Ragunan. Opsi kedua di Auditorium Kementerian Pertanian, Pasar Minggu.

Seperti diketahui, sidang lanjutan kasus Ahok, akan digelar hari Selasa (27/12/2016). Agendanya, pembacaan putusan sela Majelis Hakim, atas eksepsi yang diajukan Ahok dan penasihat hukumnya.

Dalam perkara ini, Gubernur DKI Jakarta nonaktif dijerat Pasal 156a KUHP tentang Penodaan Agama, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. (rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs