Minggu, 19 Mei 2024

Menristekdikti Dukung Penuh Hilirisasi Hasil Penelitian ITS

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Menristekdikti mencoba mengendarai sepeda motor listrik. Foto: Humas ITS for suarasurabaya.net

Prof Muhammad Nasir Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) mendukung sepenuhnya program hilirisasi dan komersialisasi dari hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Sebelumnya, Menristekdikti meluncurkan motor listrik Gesits (Garansindo Electric Scooter ITS) yang merupakan karya ITS di Gedung Riset Mobil Listrik (Molina) ITS, sekaligus menyaksikan penyerahan kepada PT Garansindo untuk komersialisasi, dan meresmikan Pusat Pelatihan Mekatronika dan Otomasi Industri di Gedung Pusat Robotika ITS.

“Kementerian mendukung penuh yang dilakukan ITS dalam upaya melakukan hilirisasi dan komersialisasi hasil-hasil penelitian. Karena itu program pembangunan technopark harus dilakukan, agar kampus atau perguruan tinggi berkontribusi bagi bangsa dan negara,” kata Muhammad Nasir.

Menteri yang juga mantan rektor Universitas Diponegoro ini berharap apa yang pernah ia jumpai di kampus luar negeri, terkait dengan pengembangan technopark bisa juga dilakukan ITS.

“Melalui pengelolaan technopark akan tumbuh industri yang dapat memberikan manfaat baik bagi masyarakat maupun perekonomian bangsa,” kata Nasir.

Saat meluncurkan motor listrik, Nasir juga berpesan kepada PT Garansindo yang akan mengkomersialkan hasil inovasi motor listrik ITS tersebut, agar produk motor listrik yang nanti akan dilepas ke masyarakat atau dikomersialkan harganya harus bisa terjangkau oleh masyarakat juga.

Merespon apa yang disampaikan Menristekdikti, Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD menyampaikan ungkapan terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan pihak Kementerian terhadap apa yang kini sedang dilakukan oleh ITS, serta dukungan yang telah diberikan.

“Ada 3 fokus perhatian yang sedang disiapkan ITS. Pertama, terkait dengan transformasi ITS menjadi PTN BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum). Mudah-mudahan segala sesuatunya bisa selesai akhir tahun ini,” kata Joni Hermana.

Kedua, lanjut Joni, terkait dengan upaya ikut berkontribsi didalam program pembangunan baik nasional maupun regional di Jatim dan Indonesia Timur.

“Terkait dengan ini kami berharap pemerintah daerah untuk bisa menyampaikan berbagai persoalan pembangunan untuk bisa diselesaikan secara bersama-sama dengan tim ITS,” kata Joni.

Terkait dengan hal kedua tersebut, tambah Joni, ITS sedang menyiapkan desain technopark yang nantinya produk-produk yang dihasilkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Ketiga, meningkatkan reputasi internasional, baik melalui peningkatan jumlah publikasi ilmiah maupun kegiatan-kegiatan penelitian dan lain-lainnya,” kata Joni Hermana seperti dilansir dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (3/5/2016).(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
26o
Kurs