Selasa, 30 April 2024

Pilkada 2017, Partai Demokrat Targetkan 35 Persen Kemenangan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Ketua Umum Partai Demokrat (PD). Foto:

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Ketua Umum Partai Demokrat (PD) menargetkan 35 persen kemenangan untuk PD dari seluruh Pilkada Serentak 2017.

Target kemenangan Pilkada ini meningkat lima persen dari target pada Pilkada Serentak 2015 lalu, yang hanya sebesar 30 persen.

Artinya, SBY menargetkan Partai Demokrat dapat memenangkan lebih dari 36 Pilkada dari total 102 Pilkada yang akan terselenggara di 2017.

Tidak hanya itu saja, SBY juga menargetkan kemenangan kepala daerah dari kader PD sebanyak mungkin di Pilkada 2017.

“Saya naikkan sedikit sasarannya, 35 persen menang, Kadernya juga 35 persen, dan netnya tetap positif,” ujarnya dalam rapat konsolidasi nasional di Surabaya, Minggu (20/3/2016).

Net positif yang dimaksud oleh SBY adalah kemenangan kader PD yang tetap lebih besar daripada kekalahan kader yang menjadi calon kepala daerah.

Mengenai hasil Pilkada Serentak 2015, SBY mengaku bersyukur karena PD mencpai kemenangan 42 persen dari keseluruhan Pilkada pada 2015.

Demikian halnya, kader PD yang berhasil memenangkan Pilkada dan menjadi kepala daerah atau wakil kepala daerah, sebanyak 47 persen.

“Saya bersyukur dan berterimakasih sebesar-besarnya kepada semua yang telah berjuang pada Pilkada yang lalu,” katanya diikuti tepuk tangan hadirin.

Presiden RI ke-6 ini juga mengatakan, kader-kader PD yang akan diusung dalam pilkada serentak harus seorang kader yang memiliki kemampuan memimpin dan mampu menggerakkan roda pemerintahan.

“Demokrat tidak hanya ingin menang, tapi juga harus punya pemimpin yang cakap,” ujarnya.

Dia berharap, pemimpin yang merupakan Kader PD tidak akan melakukan penyimpangan-penyimpangan keuangan negara. (den/dop)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs