Minggu, 5 Mei 2024
Hari Pahlawan

Presiden Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kalibata

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November, Joko Widodo Presiden melakukan Upacara Ziarah Nasional di TMP Nasional Kalibata, Jakarta Selatan. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November, Joko Widodo Presiden RI melakukan Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata, Jakarta Selatan.

Selain Presiden, dalam upacara ini hadir juga Jusuf Kalla Wakil Presiden dan beberapa menteri kabinet kerja, lembaga tinggi negara, Panglima TNI, Wakapolri, dan pimpinan DPR RI.

Jokowi bertindak sebagai Inspektur upacara, sedang komandan upacara adalah Kombes Polisi Tommy Aryanto yang sekarang menjabat Kapolres Palembang.

Setelah peringatan detik-detik 10 November dengan ditandai sirine 1 menit mengenang perjuangan di Surabaya dan mengheningkan cipta, Presiden kemudian meletakkan karangan bunga di tugu Makam Pahlawan Kalibata tepat di bawah patung Garuda.

Setelah selesai memimpin upacara, Jokowi didampingi Jusuf Kalla dan Khofifah Indar Parawansa Menteri Sosial kemudian melakukan tabur bunga ke Makam Pahlawan Revolusi.

Tabur bunga dilanjutkan ke makam Adam Malik, Umar Wirahadikusumah, Sudarmono, Ainun Habibie, dan Taufiq Kiemas.

Dalam acara Ziarah Nasional tersebut, Presiden dan Wakil Presiden juga melakukan ramah tamah dengan Warakawuri dan keluarga pahlawan nasional perintis kemerdekaan dan janda perintis kemerdekaan.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs