Minggu, 22 Mei 2022

Tim UK Petra Menangi Sayembara Desain Gerbang Tol Kertosono

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Dharma Wijaya menjelaskan desain yang mengantarkannya jadi juara. Foto: Totok suarasurabaya.net

Prestasi juara 1 ditorehkan tim mahasiswa Universitas Kristen Petra (UK Petra) pada lomba Sayembara Desain Gerbang Tol-Kertosono Ruas Solo-Ngawi. Mereka adalah Dharma Wijaya, mahasiswa Program Studi Arsitektur dan Livia Wijaya, mahasiswi Program Studi Desain Interior.

Konsep yang diusung oleh tim UK Petra mengacu pada 3 hal yaitu: Gunung, Joglo dan Gunungan Wayang. “Diawal yang kami lakukan mencari identitas lokasi yang akan dibangun gerbang tol. Muncullah konsep Jawa. Akhirnya kami sepakat menggunakan desain atap rumah Joglo yang telah disimplifikasi dengan perpaduan struktur yang modern dengan kolom yang tak banyak sehingga nantinya tercipta gerbang yang iconic baik siang maupun malam hari,” ujar Dharma.

Uniknya dalam desain Dharma dan Livia tersebut jika mobil memasuki gerbang tolnya saat siang hari maka akan tampak bayangan ukiran khas Jawa di aspal jalan yang berasal dari pantulan sinar matahari.

Sedangkan di malam hari dipenuhi cahaya lampu yang semakin indah. Efek indah ini dikarenakan bahan Polycarbonate yang mudah didapat dan tidak mahal.

Desain yang digarap hanya dalam 4 hari tersebut mengharuskan jumlah gerbang tolnya ganjil sebab atap gardu tol yang tengah harus lebih tinggi dibandingkan gardu tol sampingnya.

Hal ini dilakukan agar kesan sebuah gunungan dapat tersirat jika ditarik garis imajinernya. “Saya berkolaborasi dengan Livia, adik kandung saya sendiri yang mengambil kuliah Desain Interior sehingga desain jadi lebih detail di exterior maupun interiornya,” kata Dharma.

Sayembara bertema Gerbang Tol Modern, Fungsional dan Berwawasan Nusantara ini diikuti 79 tim mahasiswa di antaranya: ITS, UGM, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Sebelas Maret-Solo, Universitas Tarumanegara, UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Atmajaya-Yogyakarta.(tok/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 22 Mei 2022
29o
Kurs