Jumat, 29 Maret 2024

UNBK Surabaya Bisa Terganggu Buruknya Jaringan Internet Lokal

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ujian siswa berbasis komputer. Foto: dok. suarasurabaya.net

Ahmad Afandi Panitia UNBK dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya mengatakan, kelancaran UNBK jenjang SMA/SMK sederajat di Surabaya, Senin (4/4/2016) besok pagi, tergantung dari proktor (pengawas jaringan komputer dan internet) yang ada di sekolah.

“Para proktor yang di sekolah menjadi ujung tombak dalam sistem UNBK ini. Karena mereka yang secara langsung mengawasi server dan menerima komplain dari siswa atau peserta UNBK,” ujar Afandi kepada suarasurabaya.net, Minggu (3/4/2016).

Menurut Afandi, potensi gangguan ujian berbasis komputer ini ada dua yaitu listrik dan jaringan internet lokal (yang ada di sekolah, red). Terutama saat ujian dimulai, semetara jaringan internet di sekolah terganggu.

“Kalau listrik tidak begitu mengganggu, karena sekolah memeiliki UPS dan Laptop. Tapi untuk jaringan yang terputus karena internet jelek bisa harus mengulang log in lagi,” katanya.

Dalam sistem UNBK ini, seluruh server sekolah sudah diaktifkan oleh tim dari Lembaga Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (LPTSI) ITS Surabaya sejak tanggal 1 April kemarin. Kemudian kode atau token untuk mengaktifkan server sudah dikirimkan ke masing-masing proktor di sekolah.

“Sehingga, jika ada gangguan internet atau ngeblank saat di tengah mengerjakan soal, proktor bisa memberikan kode lagi kepada siswa untuk log in kembali. Jangan khawatir jawaban tidak akan hilang,” katanya.

Dalam sistem UNBK ini, pihaknya menjamin tidak ada kebocoran soal. Sebab, seluruh soal dikendalikan oleh pengawas server jakarta di Puspendik. Server akan diaktifkan di masing-masing sekolah begitu ujian dimulai.

“Satu server bisa melayani 50-100 siswa. Jadi, satu sekolah bisa lebih dari satu server, tergantung berapa jumlah komputernya,” katanya.(bid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs