Senin, 20 Mei 2024

Umat Hindu di Surabaya Siapkan Melasti Jelang Nyepi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ibu-ibu bersama puluhan remaja putri membuat persiapan wadah berbagai sesaji yang nanti akan dipakai untuk persembahyangan, Jumat (4/3/2016). Foto: Totok suarasurabaya.net

Menjelang perayaan Nyepi, umat Hindu kota Surabaya mulai mempersiapkan rangkaian persembahyangan.

Umat Hindu di Kota Surabaya mulai mempersiapkan rangkaian persembahyangan jelang perayaan Nyepi yang diawali dengan upacara Melasti.

Kesibukan di Pura Agung Jagad Karana, Surabaya hari ini berbeda dengan hari-hari biasanya. Terlihat bapak-bapak dan anak-anak muda sibuk membuat hiasan penjor pada sebatang bambu.

Penjor dipasang di depan pura sebagai bagian dari menghias tempat persembahyangan agar lebih semarak dan indah. Lebih dari 10 penjor dipasang.

Di pendopo atau balai agung komplek pura, ibu-ibu bersama puluhan remaja putri membuat persiapan wadah berbagai sesaji yang nanti akan dipakai untuk persembahyangan di pura maupun persiapan Melasti.

“Upacara Melasti adalah persembahyangan yang mengawali rangkaian peesembahyangan jelang Nyepi. Umat akan membersihkan diri dan mensucikan diri saat Melasti,” ujar Ketut Sedana pemangku pura agung Jagad Karana.

Dan Jumat (4/3/2016) ini umat Hindu berkumpul mempersiapkan diri untuk pelaksanaan Melasti serta seluruh rangkaian persembahyangan perayaan Nyepi yang dipusatkan dari pura agung Jagad Karana, Surabaya.(tok/iss/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
32o
Kurs