Senin, 6 Mei 2024

Untuk Efisiensi, Jatim Gabungkan Dua BUMD

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Saifullah Yusuf (kiri), Wakil Gubernur Jawa Timur berbincang dengan anggota DPRD usai rapat paripurna, Jumat (18/11/2016). Foto : Humas Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur sepakati Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) penggabungan PT Jatim Investment Management (JIM) ke dalam PT Petrogas Jatim Utama (PJU). Penggabungan dilakukan untuk melakukan efisiensi BUMD.

“Merger dua BUMD ini memiliki banyak manfaat, bukan hanya sebagai upaya penyehatan BUMD. Tetapi juga menjadi langkah strategis untuk mengembangkan usaha dan meraih potensi usaha yang lebih besar,” kata Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Wakil Gubernur Jawa Timur saat membacakan jawaban gubernur atas Pandangan Umum Fraksi DPRD terhadap Raperda Penggabungan dua BUMD ini di DPRD Jawa Timur, Jumat(18/11/2016).

Langkah merger dua BUMD juga akan menciptaksn struktur BUMD yang lebih efisien, sehingga dapat memperpendek rentang kendali antara pemegang saham dengan BUMD dan anak perusahaan.

Ia menjelaskan, ada pertimbangan utama merger harus dilakukan yaitu potensi dan keunggulan kedua BUMD yang bisa dikombinasikan menjadi sebuah sinergi usaha yang lebih menguntungkan

“Termasuk kombinasi sumber daya manusia (SDM) dan kultur manajemen yang tujuan utamanya adalah meningkatkan efisiensi dan kinerja PT PJU setelah dilakukan merger. Ke depan kedua perusahaan akan mengeluarkan potensi dan kekuatan yang secara ideal akan meningkatkan profesionalisme dan kinerja korporasi,” kata dia.

Gus Ipul menuturkan pihaknya sudah menyiapkan grand design manajemen SDM dan strategic planning apabila kedua BUMD di merger. Diantaranya, akan dilakukan pengkajian atas komposisi tenaga kerja untuk mencapai efektivitas dan efisiensi operasional yang optimal dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan dan ketenagakerjaan.

“Sedangkan untuk strategic planning adalah menciptakan sinergi yang solid yang berasal dari kombinasi masing-masing BUMD. Sebagai contoh, PT PJU dominan pada kegiatan hulu dan hilir migas serta service support. Di sisi lain PT JIM berfokus pada bidang usaha kepelabuhan. Dengan demikian, merger ini akan menciptakan struktur permodalan yang lebih kuat,” kata dia. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs