Sabtu, 20 April 2024

Amankan Mayday, Ini yang Akan Dilakukan Polisi Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Personil dari pengurai massa Polrestabes Surabaya. Foto : Abidin suarasurabaya.net.

Sebanyak 2.000 personil gabungan siap melakukan pengamanan Hari Buruh Sedunia (May Day) 2017 di Surabaya. Sebagai persiapan, ribuan personil melakukan gelar pasukan di halaman Pemkot Surabaya, Sabtu (29/4/2017).

Kombes Pol M. Iqbal Kapolrestabes Surabaya mengatakan, pengamanan peringatan hari buruh sedunia pada Senin 1 Mei nanti akan dilakukan secara humanis, persuasif dan tegas sesuai aturan.

Iqbal menekankan kepada anggotanya agar tidak membawa senjata api dalam pengamanan hari buruh. Operasi kemanusiaan dikedepankan.

“Kalau diprosentase, 98 persen pengamanan dilakukan humanis dan dua persennya dimaksimalkan untuk memberi rasa aman kepada masyarakat kota,” ujarnya saat memimpin apel gelar pasukan di Balai Kota.

Menurut Iqbal, strategi pengamanan sudah dilakukan dimulai dari komunikasi dengan serikat buruh. Intervensi untuk mengarahkan massa juga dilakukan.

Polisi akan mengkonsentrasikan dua kompi Dalmas dan Sabhara di Bundaran Waru. Massa buruh yang datang dari daerah tidak boleh menjadikan Bundaran Waru sebagai titik kumpul.

“Semua serikat buruh berhak hadir di Surabaya tapi jangan mengacaukan Surabaya. Di Bundaran waru tidak ada lagi daerah persiapan titik kumpul. Titik kumpul akan difokuskan di Frontage Road sisi Barat depan Primarasa. Setelah itu, langsung didorong untuk merapat di Bubutan (depan BG Junction). Tidak ada lagi longmarch di Embong Malang, Basuki Rahmad dan sebagainya,” kata Iqbal. (bid/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs