Sabtu, 18 Mei 2024

Cangkrukart Ajang Insan Kreatif

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
ilustrasi

Cangkrukart tema yang diusung Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra, Surabaya, pada kegiatan bertajuk DKV Prime Time 2017. Terdiri dari diskusi, workshop, pameran hingga forum publik kreatif bersama enam komunitas seni di Surabaya.

Gelaran unik dan kreatif ini akan berlangsung mulai Rabu (26/4/2017) hingga Jumat (28/4/2017) mendatang di selasar Gedung P lantai 2 kampus UK Petra, Surabaya mulai pukul 11.00 hingga 16.00 WIB.

“Sesuai nama kegiatannya yang Prime Time yaitu waktu yang berkualitas untuk berkumpul maka kami harapkan dalam acara ini para mahasiswa Program Studi DKV UK Petra akan dapat saling berbagi pengetahuan dengan enam komunitas seni yang ada di Surabaya tersebut,” kata Eunike Sara Ardyta, Ketua DKV Prime Time 2017.

Sehingga para mahasiswa DKV, lanjut Eunike mendapatkan inspirasi untuk mau dan lebih intens menekuni bidang minat yang ada di program studi DKV, tempat mereka belajar.

Keenam komunitas yang diundang hadir tersebut adalah: Papan Dolanan Arek Suroboyo (PADAS) yang merupakan komunitas penggemar board game di kota Surabaya. Ada juga Surabaya Caricarturist Community (SCC) merupakan komunitas pembuat karikartur dan pecinta karikatur asal Surabaya.

Kemudian Click ITS yang merupakan komunitas pecinta film dan film maker dari mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Sepuluh Nopember, hadir juga Instastreet merupakan komunitas fotografi human interest yang ada di Instagram.

Komunitas Penahitam merupakan komunitas illustrasi di Surabaya dengan tinta black-white dan dijadwalkan hadir komunitas Besok Nyuci 35mm merupakan komunitas pecinta kamera film analog dari mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra.

Dijadwalkan kepada para mahasiswa serta pengunjung yang hadir tidak hanya melihat pameran saja, nantinya para pengunjung akan dapat menyaksikan aksi dari para komunitas di Surabaya ini, sesuai bidang masing-masing.

Sementara itu sebuah workshop bertajuk: Visualize Your Wild Idea bersama Amelia Tania akan berlangsung pada hari Rabu tanggal 26 April 2017. Peserta workshop diajak untuk brainstorming karakter imajinasi sesuai dengan gaya mereka masing-masing untuk kemudian divisualisasikan menjadi sebuah karya yang unik dan wild.

Pada Kamis (27/4/2017) di Gedung P lantai 2 UK Petra dijadwalkan digelar diskusi bersama alumni dengan tema: Ekspektasi Vs Realita. Dan pada penghujung kegiatan, pada Jumat (28/4/2017) dijadwalkan akan hadir Lydia Tarigan pada talkshow Find What You Like The Most And Live It!.

Talkshow yang membahas tentang bagaimana seorang Lydia Tarigan terjun dalam dunia advertising, dari mulai 0 sampai berada di titik puncaknya saat ini.

Eunike Sara Ardyta, ketua DKV Prime Time 2017 menambahkan bahwa Cangkrukart diharapkan menjadi sebuah arena pertemuan, diskusi dan munculnya ide-ide baru, serta transaksi dalam pertukaran ide dalam banyak hal.

“Cangkrukart berasal dari dua kata yaitu cangkrukan dan art. Cangkrukan merupakan budaya yang sudah merakyat di daerah Jawa Timur. Dalam cangkrukan terjadi diskusi, silahturami dan transaksi. Ketiga hal ini juga diharapkan terjadi di Prime Time 2017,” ujar Eunike pada suarasurabaya.net, Selasa (25/4/2017).(tok/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
28o
Kurs