Kamis, 2 Mei 2024
Dampak Pusat Tekanan Rendah di NTT

Gelombang Laut di Perairan Jawa Capai 6 Meter

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Pusat tekanan rendah yang muncul di Laut Sawu selatan NTT selain mengakibatkan angin kencang juga menyebabkan gelombang tinggi di perairan Jawa yang diperkirakan bisa mencapai 3,5 hingga 6 meter.

Arizal Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak mengatakan, saat ini ketinggian gelombang di Laut Jawa terpantau 3,5 meter dan di Samudra Hindia selatan Jawa Timur mencapai 6 meter.

Untuk kecepatan angin di Laut Jawa mencapai 28 knot atau 50/60 km jam. Sedangkan kecepatan angin di daratan rata-rata mencapi 40-50 km/jam.

“Gelombang tinggi ini berpotensi bertahan sampai 9 Februari mendatang. Dan untuk angin kencang diprakirakan akan terus terjadi sampai tiga hari ke depan,” kata Arizal pada suarasurabaya.net, Selasa (7/2/2016).

Kata Arizal, tekanan rendah tersebut mencapai 994 milibar. Jika tekanan ini semakin rendah maka akan semakin memicu angin kencang di jalur-jalur yang dilewati pusat tekanan rendah.

“BMKG sudah mengeluarkan warning ke syahbandar terkait larangan aktivitas melaut. Tapi keputusan diserahkan pada syahbandar masing-masing daerah,” ujarnya. (dwi)

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs