Senin, 29 April 2024

Introduction Pameran Karya Mahasiswa Desain Interior

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
ilustrasi

Introduction (Interior Product Design Exhibition) adalah pameran hasil karya mahasiswa Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra (UK Petra), karena perabot dan asesoris ruang dalam rumah sangat penting. Nyaman dan berfungsi dengan maksimal, itulah yang dicari.

Pameran ini merupakan hasil dari mata kuliah Desain Produk Interior yang diikuti oleh mahasiswa Program Studi Desain Interior pada semester 4 dan 6.

“Pameran ini sengaja digelar sebagai wadah untuk mengevaluasi karya desain para mahasiswa sekaligus respon pasar. Akan ada kesempatan untuk saling mengapresiasi karya mahasiswa dan masukan baik dari sesama mahasiswa, dosen maupun masyarakat umum,” kata Grace Mulyono, S.Sn., M.T, koordinator pameran.

Kegiatan pengenalan hasil karya mahasiswa ini mengambil tema Interior Product Design Exhibition yang menghadirkan 27 karya perabot kantor (meja kerja/kursi/storage) dan 37 karya perabot bermuatan filosofis budaya (meja/kursi/storage/asesoris).

Gelaran ini merupakan hasil dari mata kuliah Studio Desain Interior Produk II dan Desain Interior Produk IV, yang merupakan mata kuliah pilihan di Program Studi Desain Interior UK Petra.

“Para mahasiswa dibimbing tidak hanya sekedar memahami sejarah dan teori desain Mebel saja akan tetapi mereka mampu mempraktekkan fungsi dan terapan budaya pada perabot. Terapan budaya ini bisa bermacam-macam meliputi permainan, makanan, alat musik dan lain-lain,” tambah Grace.

Karya Yunivia misalnya, menggunakan terapan budaya permainan Dakon. Menurutnya, permainan Dakon ini menuntut kejujuran sehingga pengaplikasiannya dalam meja terdapat bulatan-bulatan yang diberi kaca sehingga isi dalam bulatan tersebut dapat dilihat.

Pada pameran ini, para dosen dijadwalkan mengevaluasi langsung hasil karya mahasiswa. Diantaranya meliputi fungsi dan kenyamanannya sedangkan Desain Interior IV (DPI IV) akan dicari penerapan filosofi budayanya.

Juga akan dicari 3 karya terbaik dari masing-masing mata kuliah baik DPI II dan DPI IV untuk presentasi kamudian ditentukan juara 1, 2 dan 3. Ajang pengenalan hasil karya mahasiswa ini digelar mulai Jumat (16/6/2017) hingga Minggu (18/6/2017) di Rotunda Hall lantai 3, Ciputra World Surabaya.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs