Kamis, 13 Mei 2021

Jangan Beli Ternak Belekan, Pilih Yang Segar

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Lapak penjual ternak untuk Idul Adha disepanjang kawasan Merr Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Masyarakat yang akan membeli ternak untuk merayakan Idul Adha diimbau tidak memilih ternak belekan semurah apapun.

Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Surabaya menghimbau masyarakat yang akan membeli ternak untuk qurban agar tidak membeli ternak yang belekan atau sakit mata meskipun besar dan ditawarkan dengan harga murah.

“Kalau matanya belekan atau kotor, dapat dipastikan ternak itu sapi atau kambing dalam keadaan tidak sehat. Jangan dibeli. Semurah apapun harganya. Lebih baik pilih yang segar,” terang drh. Meita Irene Wowor Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Surabaya.

Semurah apapun harga yang ditawarkan untuk ternak yang belekan menurut Meita sebaiknya tidak dipilih. “Memang ada indikasi lain selain mata yang belekan itu. Tapi kalau sudah jelas kelihatan matanya kotor, ya jangan dipilih,” tambah Meita.

Kesehatan ternak, tambah Meita secara kasat mata memang dapat dilihat. Mata yang bersih bersinar dan tidak keruh, dipastikan sehat. Demikian juga dengan penampilan fisik ternak yang sehat juga berbeda dengan yang kurang sehat.

“Penampilannya yang segar, banyak bergerak, tidak lemes, itu bisa jadi indikasi ternak dalam kondisi sehat. Kalau lemas, coba ditepuk kalau reaksinya langsung berdiri itu juga sehat ternaknya,” kata Meita.

Kulit atau bulu ternak sapi dan kambing yang bersih dan mengkilat juga jadi indikasi ternak yang segar dan sehat, selain kondisi mata dan tubuhnya yang bugar.

“Kulit atau bulu sapi yang tidak kusam juga dapat dulihat secara kasat mata sebagai kondisi ternak yang bugar. Kalau ada bercak, atau bulu rontok pada Kambing sebaiknya tidak dipilih,” ujar Meita.

Senin (28/8/2017), dua tim pemeriksaan kesehatan ternak qurban Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Surabaya bergerak melakukan pemeriksaan kesehatan kambing dan sapi di sejumlah lapak penjual ternak di kawasan Merr Surabaya.(tok/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Wadungasri Macet

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Kamis, 13 Mei 2021
30o
Kurs