Minggu, 5 Mei 2024

Jelang Kedatangan Obama di Jakarta, Pengamanan Bandara Halim Diperketat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Pengamanan Ruang VVIP Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur diperketat jelang kedatangan Barack Obama, Jumat (30/6/2017). Foto: Farid suarasurabaya.net

Barack Husein Obama mantan Presiden Amerika Serikat, hari ini dijadwalkan berkunjung ke Jakarta, sesudah berlibur di Bali dan Yogyakarta.

Kalau tidak ada perubahan jadwal, Obama bersama Michelle istrinya, serta kedua putrinya, Malia dan Sasha Obama, akan tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, sekitar pukul 13.00 WIB.

Satu jam jelang kedatangan rombongan Obama, Bandara Halim dijaga ketat aparat kepolisian dari Polda Metro Jaya, TNI Angkata Udara dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Berdasarkan pantauan, pengamanan sudah mulai dilakukan dari pintu gerbang sampai halaman bandara. Pengamanan ini terpusat di Sasana Manggala Praja yang merupakan ruang tunggu VVIP Bandara Halim.

Sekitar pukul 11.30 WIB, beberapa petinggi Polri dan TNI terpantau sudah hadir di sini, antara lain Marsekal Madya Fadjar Prasetyo Danlanud Halim Perdana Kusuma, Brigjen Pol Suntana Wakapolda Metro Jaya, dan Mayor Jenderal Jaswandi Pangdam Jaya.

Sekadar diketahui, Paspampres memberlakukan sistem zonasi yang dibagi menjadi tiga ring, mulai dari area VVIP, halaman, sampai pintu gerbang kawasan bandara.

Misi pengamanan ini juga dikoordinasikan dengan Dinas Rahasia Amerika Serikat (Secret Service) yang bertugas mengawal Obama dan keluarganya.

Sementara itu, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya menyiapkan sekitar 932 personel, dalam operasi pengamanan dengan sandi Operasi Waskita.

Tapi, jumlah personel yang terlibat dalam pengamanan Obama bisa bertambah sesuai dengan kebutuhan.

Brigjen Suntana Wakapolda Metro Jaya mengatakan, pasukannya siap mengamankan berbagai kegiatan Obama yang akan di Jakarta selama 3 hari, dari tanggal 30 Juni sampai tanggal 2 Juli 2017.

Rencananya, sore hari ini Obama beserta keluarganya akan menuju Istana Bogor, memenuhi undangan jamuan makan bersama Joko Widodo Presiden RI.

Sedangkan agenda utama Presiden Amerika Serikat ke-44 adalah berpidato pada Kongres Diaspora Indonesia ke-4, hari Sabtu (1/7/2017), di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.(rid/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs