Jumat, 29 Maret 2024

Jokowi Presiden Laksanakan Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Suasana Sholat Idul Fitri 1438 Hijriah di Masjid Istiqlal, Minggu (25/6/2017), diikuti Joko Widodo Presiden, Jusuf Kalla Wapres dan sejumlah pejabat tinggi negara. Foto: Farid suarasurabaya.net

Sekitar pukul 6.45 WIB, Joko Widodo Presiden RI dan Ibu Iriana memasuki ruang utama Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, untuk melaksanakan ibadah Sholat Idul Fitri 1438 Hijriah.

Turut mendampingi, Jusuf Kalla Wakil Presiden RI dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Sebelum Presiden hadir di Masjid Istiqlal, terpantau sudah ada sejumlah pejabat tinggi negara antara lain Setya Novanto Ketua DPR, Agus Hermanto Wakil Ketua DPR, Nono Sampono Wakil Ketua DPD, serta perwakilan negara-negara sahabat.

Sholat Ied dilaksanakan tepat pukul 7.00 WIB. Bertindak sebagai imam, KH Ahmad Husni Ismail Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, dan KH.Muhammad Quraish Shihab Direktur Pusat Studi Al Quran sebagai khotib Idul Fitri 1438 Hijriah.

Dalam khutbahnya, Quraish Shihab mengingatkan kita sebagai Umat Islam dan sebagai bangsa harus bersama menjaga persatuan, walau berbeda madzhab, agama atau pandangan politik. Karena kita semua berketuhanan Yang Maha Esa.

Apalagi, kita semua sudah sepakat menjunjung semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Islam dan agama lain tidak melarang kita berkelompok dan berbeda. Yang dilarang adalah berkelompok dan berselisih.

Kesadaran tentang kesatuan dan persatuan itulah yang mengharuskan kita duduk bersama bermusyawarah, demi kemaslahatan. Dan, itulah makna sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.

“Kesadaran tentang kesamaan dan kebersamaan itu merupakan salah satu sebab mengapa dalam rangkaian Idul Fitri, setiap Muslim berkewajiban menunaikan Zakat Fitrah yang merupakan simbol kepedulian sosial serta upaya kecil dalam meyebarkan keadilan sosial,” kata Quraish Shihab di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (25/6/2017)

Sekitar pukul 7.40 WIB, rangkaian Sholat Ied di Masjid Istiqlal selesai. Sebelum meninggalkan masjid, Jokowi Presiden sempat menyalami sejumlah jamaah yang ada di saf depan.

Sekadar diketahui, Idul Fitri tahun ini merupakan perayaan pertama Jokowi Presiden di Jakarta, sejak menjabat tahun 2014.

Sebelumnya, pada perayaan Idul Fitri tahun 2015, Jokowi Sholat Ied di Aceh. Kemudian, pada tahun 2016, Presiden menyempatkan diri Sholat Ied di Padang, Sumatera Barat.

Rencananya, hari ini Jokowi Presiden akan menggelar open house di Istana Negara.

Pukul 08.45 WIB sampai pukul 09.00 WIB, tamu yang akan diprioritaskan adalah dari jajaran Menteri Kabinet Kerja beserta para pimpinan lembaga negara.

Kemudian, mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB, pejabat negara dan masyarakat umum diperbolehkan masuk. (rid/bid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs