Selasa, 23 April 2024

KPK Selidiki Informasi soal Tarif untuk Jabatan Tertentu di Lingkungan Pemkab Nganjuk

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Petugas KPK bersama Febri Diansyah Jubir KPK dan Basaria Pandjaitan Wakil Ketua KPK menunjukkan barang bukti uang diduga suap buat Taufiqurrahman Bupati Nganjuk hasil OTT di Jakarta, Kamis (26/10/2017), di Gedung KPK Jakarta Selatan. Foto: Farid suarasurabaya.net

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menetapkan Taufiqurrahman Bupati Nganjuk dan empat orang pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nganjuk sebagai tersangka kasus korupsi.

Kelima orang tersangka terindikasi terlibat praktik suap terkait perekrutan aparatur sipil negara/pegawai negeri sipil (ASN/PNS) tahun 2017 di Kabupaten Nganjuk.

KPK mensinyalir, praktik suap terkait perekrutan, pengangkatan, promosi, mutasi dan alih status kepegawaian di Kabupaten Nganjuk sudah berlangsung lama.

Basaria Pandjaitan Wakil Ketua KPK mengatakan, tim KPK mendapat informasi soal adanya tarif yang harus dibayar ASN/PNS, apabila mau mengisi jabatan tertentu.

Misalnya, biaya untuk menjadi kepala sekolah di SD mulai dari Rp10 juta sampai Rp25 juta. Tingkat SMP dan SMA ada yang membayar Rp50 juta dan lebih besar lagi biaya untuk jabatan kepala dinas.

“Tarif (suap) untuk jabatan kepala sekolah di tempat satu dengan lain berbeda-beda. Informasi yang​ kami terima, untuk kepala sekolah SD ada yang membayar Rp25 juta, untuk SMP/SMA ada yang membayar Rp50 juta bahkan lebih,” ujarnya di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (27/10/2017).

Seperti diketahui, hari Rabu (25/10/2017), KPK menangkap 20 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Nganjuk dan Jakarta.

Dari OTT di Hotel Borobudur Jakarta, KPK menemukan barang bukti uang Rp298 juta yang disimpan Ibnu Hajar dan Suwandi orang kepercayaan Bupati Nganjuk, di dalam dua buah tas warna hitam.

KPK mensinyalir, Bupati Nganjuk melalui orang kepercayaannya sering meminta uang kepada para pegawai di sejumlah SKPD Kabupaten Nganjuk.

Sampai sekarang, KPK masih melakukan pengembangan. Dan, tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain. (rid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
29o
Kurs