Jumat, 3 Mei 2024

Kartini Anti Bandit, Penumpas Kejahatan Jalanan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Para polisi wanita yang tergabung dalam Tim Anti Bandit Polrestabes Surabaya saat berlatih menembak. Foto: Humas Polrestabes Surabaya

Polrestabes Surabaya memiliki sosok Kartini tangguh penumpas kejahatan. Mereka adalah polwan yang tergabung dalam Tim Anti Bandit Satreskrim Polrestabes Surabaya.

Sebagai perempuan, mereka cukup mahir bela diri serta mahir menggunakan bermacam senjata api. Selain itu, insting mereka dalam memburu pelaku kejahatan pun tidak diragukan lagi.

AKP Ruth Yeni Kepala Regu Polwan Anti Bandit Polrestabes Surabaya mengatakan, Tim Anti Bandit yang beranggotakan polisi wanita ini dibentuk awal Februari lalu oleh AKBP Shinto Silitonga Kasatreskrim Polrestabes Surabaya.

“Selain ada Tim Anti Bandit beranggotakan polisi laki-laki, juga ada yang beranggotakan polisi perempuan,” ujar Ruth Yeni, Kamis (20/4/2017).

Yeni mengatakan, Polwan Anti Bandit ini adalah tim khusus yang dibentuk untuk meredam tingginya aksi kejahatan jalanan di kota Surabaya. Satu regunya terdiri dari 13 anggota Polwan dan 1 Perwira.

“Setiap anggota dibekali kemampuan mencari pelaku kejahatan jalanan, beladiri, sampai kemampuan menggunakan senjata api,” kata Ruth.

Kata Ruth Yeni, walaupun pekerjaan di reserse cukup berisiko, dia selalu menanamkan kepada anggotanya untuk mengambil spirit sosok Kartini.

Sebab, berkat perjuangan Kartini mengobarkan kepeloporan perempuan, perempuan masa kini bisa membuktikan diri, mampu mengerjakan sesuatu yang biasanya dilakukan laki-laki.

“Kami para perempuan bisa berdaya. Kami juga bisa melindungi masyarakat kota Surabaya,” katanya. (bid/den)

Teks Foto:
– Para Kartini Tim Anti Bandit Polrestabes Surabaya.
Foto: Humas Polrestabes Surabaya

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs