Sabtu, 18 Mei 2024

Keroncong Kemayoran Iringi Jamuan Makan Malam di Istana Sultan Bolkiah

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Joko Widodo Presiden bersama istrinya menghadiri undangan Sultan Bolkiah. Foto : Biro Pers Setpres.

Alunan lagu dan musik Keroncong Kemayora dan Kemesraan mengiringi jamuan santap malam di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Jumat (6/10/2017) waktu setempat.

Jamuan santapan malam dihadiri sejumlah pemimpin dunia, terutama dari negaraa ASEAN, dalam memperingati 50 tahun Sultan Hassanal Bolkiah bertakhta.

Selain kedua lagu dan musik yang cukup populer di Indonesia. Lagu dari negara anggota ASEAN lainnya juga ikut turut didendangkan.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Istana Nurul Iman pada pukul 20.25 waktu setempat (WS), didampingi Retno Marsudi, Mentri Luar Negeri dan Teten Masduki. Kepala Staf Kepresidenan.

Presiden hadir dengan mengenakan pakain resmi, setelan jas berwarna hitam, sedangkan Ibu Iriana mengenakan balutan busana khas tanah Minang, Sumatera Barat.

Setibanya di tempat acara, Presiden dan Ibu Iriana langsung menuju ruang lobi khusus tamu VVIP. Presiden sempat bertemu dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Keduanya pun tampak akrab mengisi waktu dengan berbincang hangat tentang banyak hal, kata Bey Mahmudi, Kepala Biro Bidang Protokol, Pers dan Media Setpres, seperti release diterima suarasurabaya.net.

Sekira pukul 20.55 WS, seluruh pemimpin negara menuju ruang jamuan santap malam digelar. Lima menit kemudian, tepatnya pukul 21.00 WS jamuan santap malam pun dimulai. Presiden duduk di samping kanan Sultan Hassanal Bolkiah saat jamuan santap malam berlangsung.

Tidak lama kemudian, terdengar bunyi dentuman meriam sebanyak 50 kali, yang menandakan 50 tahun Sultan Hassanal Bolkiah memimpin Brunei Darussalam.

Selain itu, dentuman tersebut sekaligus mengakhiri acara perayaan 50 tahun Sultan Hassanal Bolkiah Bertakhta.

Sebelum meninggalkan Istana Nurul Iman, Presiden dan Ibu Iriana kembali menuju ruang tunggu untuk menunggu antrian rangkaian kendaraan. Di ruang tunggu ini, Presiden menyempatkan diri berswafoto dengan tamu-tamu kehormatan dari berbagai negara.

Setelah acara selesai, Presiden beserta rombongan kembali ke tanah air, Indonesia, dan tiba di Badnara TNI Halim Perdanakusuma, sekitar pukul 00.10 WIB.

Sementara, dalam acara tersebut, juga juga terlihat Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Raja Yordania Abdullah II, Yang Dipertuan Agong Malaysia Sultan Muhammad V, Prince Edward dan Princess Sofia selaku wakil khusus Ratu Inggris, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, hingga State Counsellor Myanmar Aung San Suu Kyi. (jos/bry/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs