Senin, 29 April 2024

Ketegangan Antara Warga dan Petugas KAI di Jalan Kalasan Mereda

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ridwan Mubarun Camat Tambaksari saat mencoba menengahi saat terjadi ketengangan antara warga dan petugas KAI. Foto: Denza suarasurabaya.net

Ketegangan antara warga dengan petugas PT Kereta Api Indonesia Daop 8 di Jalan Kalasan Surabaya, Kamis (28/12/2017) mereda.

Pihak kepolisian dan kecamatan yang berada di lokasi, menengahi kedua belah pihak agar bersedia melakukan mediasi. Mediasi akan dilakukan di Kantor Kecamatan Tambaksari.

Sementara di lokasi ratusan warga yang memblokade jalan, mundur ke depan rumah nomor 16 yang akan dikosongkan PT KAI.

Sedangkan ratusan petugas PT KAI termasuk Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) mundur ke Jalan Indrakila.

Ridwan Mubarun Camat Tambaksari mengatakan situasi ini memang sudah diperkirakan akan terjadi ketegangan. Hanya saja, warga yang sudah terlanjur tersulut emosi dan meminta petugas KAI mundur karena cukup sulit dikontrol.

Sementara petugas PT KAI yang sudah mendapat perintah juga tidak bergeming dari lokasi tempat mereka berada.

Pihak kepolisian mengusulkan mediasi agar masing-masing pihak perwakilan warga dan perwakilan PT KAI merundingkan masalah ini secara tatap muka.

Dalam mediasi ini baik warga maupun PT KAI bisa saling menunjukkan bukti-bukti yang menguatkan alasan warga menolak pengosongan dan alasan PT KAI bersikeras mengosongkan rumah nomor 16.

Informasi yang diterima suarasurabaya.net, perwakilan warga menolak mediasi bila masih ada Petugas PT KAI di Jalan Indrakila.

Ridwan Mubarun Camat Tambaksari mengatakan bahwa warga menolak mediasi kalau masih ada pasukan petugas PT KAI di lokasi.

“Mediasi ini gagal karena perwakilan warga tidak datang. Mereka khawatir kalau pemimpin warga meninggalkan lokasi, lokasi tidak terkendali kalau masih ada petugas PT KAI,” ujarnya di Kantor Kecamatan.

Dia mengatakan, upaya satu-satunya adalah kembali ke lokasi agar tidak terjadi bentrokan yang lebih mengkhawatirkan antara warga dengan petugas PT KAI.

Arus lalu lintas di Jalan Pacarkeling sampai beberapa waktu tadi masih dialihkan. Dari SD Negeri Pacar Keling, kendaraan menuju ke perempatan Pacar Keling-Kalasan dialihkan ke Jalan Sawentar.

Sementara, saat sempat terjadi ketegangan, kendaraan dari Jalan Tambang Boyo diminta berputar balik karena adanya massa yang bersitegang. (den/dwi/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs