Rabu, 8 Mei 2024

MPR Siap Koordinasi dengan Unit Kerja Pembinaan Ideologi Pancasila

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan

Evert Ernest Mangindaan Wakil Ketua MPR RI mendukung penuh langkah Joko Widodo Presiden RI membentuk unit kerja pembinaan ideologi Pancasila.

MPR yang sudah lebih dulu melakuakan sosialisasi Pancasila lewat Program Empat Pilar MPR RI, kata Mangindaan juga siap menjalin kerja sama dengan Pemerintah.

Menurut Mangindaan, Presiden tentu sudah mempertimbangkan secara matang pembentukan unit kerja itu. Apalagi, sekarang tidak ada badan atau lembaga yang secara khusus menangani ideologi Pancasila.

“Tentunya unit kerja ini akan bekerja sama dengan MPR yang sudah melakukan Sosialisasi Empat Pilar termasuk Pancasila di situ. Dan, Pancasila tidak berdiri sendiri, tapi bersama dengan UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Itu ada di MPR,” ujar Mangindaan usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Halaman Gedung Pancasila, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2017).

Nantinya, kerja sama sosialisasi Pancasila tidak cuma melibatkan unit kerja di MPR dan Pemerintah, tapi instansi lain serta tokoh-tokoh agama juga akan dilibatkan.

Seperti diketahui, hari ini Indonesia memeringati Hari Lahir Pancasila ke-72. Pemerintah sebagai penyelenggara Pekan Pancasila, tahun ini mengusung slogan Saya Indonesia, Saya Pancasila.

Peringatan ini menjadi yang pertama kali sejak Joko Widodo Presiden menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2016 lalu.

Peringatan Hari Lahir Pancasila, antara lain diisi dengan kegiatan upacara pengibaran bendera di berbagai penjuru Indonesia.

Dengan digelarnya upacara pengibaran bendera itu, diharapkan komitmen seluruh rakyat Indonesia terhadap empat pilar negara, yaitu Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, semakin kuat. (rid/bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs