Sabtu, 4 Mei 2024

Meme Kocak Jalan Rusak Betoyo Bermunculan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Meme seolah ada kudanil di kubangan Jalan Betoyo, Manyar Gresik, di antara beberapa pengendara sepeda motor. Foto: Muhammad Nurul Huda via e100

Jalan nasional yang rusak di kawasan Desa Betoyo, Manyar, Gresik mengundang banyak meme (gambar kocak) yang diunggah oleh Netter E100. Ada yang mengesankan jalan rusak tergenang air di Betoyo menjadi tempat berkubang beberapa ekor buaya.

Ada juga netter yang “menempatkan” seekor kuda nil di foto-foto genangan air Jalan Betoyo, seolah-olah hewan mamalia itu ada di antara para pengendara motor yang menghindari genangan.

Meme-meme kocak ini muncul setelah e100 mengunggah foto beberapa pemuda setempat saat memasang spanduk bertulisan “Welcome Wisata Jeglongan Sewu” atau “Ini Jalan Raya, bukan Kolam Pemancingan” yang diunggah oleh Yunartini Aroni salah seorang netter, Senin (2/1/2017) kemarin.

Para pemuda memasang spanduk itu dengan tujuan memprotes pemerintah yang seolah membiarkan jalan nasional itu rusak tanpa ada tindakan berarti. Padahal, rusaknya jalan ini sudah menyebabkan kemacetan dan korban kecelakaan.

Sementara, apa yang dilakukan netter e100 seolah mendukung apa yang dilakukan para pemuda itu. Beberapa meme yang diunggah bernada sindiran. Misalnya foto yang diunggah Yahya dan Adien ke e100.

Yahya memodifikasi foto kondisi Jalan Betoyo saat terdapat pipa sisa pengerjaan gas di median jalan. Netter e100 ini menambahkan gapura artifisial bertulisan “Wisata Jeglong Sewu” dan menambahkan seorang perempuan sedang mandi lumpur di jalan Betoyo.

Adien memodifikasi lagi foto itu, menambahkan logo salah satu stasiun televisi di pojok kiri atas sehingga seolah-olah Wisata Jeglong Sewu, Gresik, menjadi satu dari tujuh wisata baru pada 2017 dalam acara televisi On the Spot.

Perlu diketahui, Jalan rusak berlubang di kawasan Desa Betoyo, Manyar, Gresik membuat warga setempat protes. Sebuah pipa gas yang disebut-sebut oleh warga setempat, sisa pengerjaan pipa gas ditempatkan oleh warga di median Jalan.

Akibatnya, kemacetan kendaraan semakin menjadi-jadi. Beberapa pelajar SMP di Manyar harus meneruskan perjalanan ke sekolah berjalanan kaki karena angkutan umum yang mereka tumpangi terjebak macet.

Seorang ibu berpakaian dinas Korpri terjatuh saat mengendarai sepeda motor akibat tergelincir jalan yang rusak. Beruntung, ibu itu tidak mengalami luka serius selain pakaian dinasnya yang penuh lumpur.

Abdul Ghofur salah seorang pendengar Radio Suara Surabaya menganalogikan Jalan Betoyo yang rusak berlubang seperti “bumbu pecel.” Menurutnya, Jalan Sepanjang Manyar-Sadang yang memang banyak rusak, terparah berada di jalur Betoyo, Manyar, Gresik.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional saat ini hanya bisa melakukan pemeliharaan rutin, bukan perbaikan. Alasannya, pelaksana perbaikan dan perawatan jalan nasional yang berada di bawah Kementerian Pekerjaan Umum itu masih menunggu proses lelang selesai.

Sementara, DPRD Jawa Timur juga angkat bicara dan merapatkan persoalan jalan rusak ini dan menggelar rapat internal khusus masalah ini. Para wakil rakyat ini berjanji untuk meneruskan masalah ini ke pemerintah pusat agar segera ada penananganan.(den/rst)

Teks Foto:
– Meme Adien yang menunjukkan Wisata Jeglong Sewu seolah sudah masuk program acara televisi swasta dan menjadi wisata baru 2017. Foto: Adien via e100
– Meme menunjukkan seperti kapal Titanic tenggelam di kubangan Jalan Betoyo. Foto: Oddien via e100
– Foto ini menunjukkan kubangan jalan di Jalan Betoyo menjadi wisata banana boat. Foto: Farid Fahmi via e100

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs