Jumat, 29 Maret 2024

Menyantap Apel dan Tomat Bantu Perbaiki Paru-paru pada Bekas Perokok

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Apel dan tomat.

Riset terbaru menemukan bahwa memasukkan tomat dan apel dalam menu makanan dapat membantu memperbaiki kerusakan paru-paru pada bekas perokok.

Dilansir dari Independent seperti dikutip Antara, studi itu mengungkapkan orang dewasa yang makan dua tomat dan lebih dari tiga porsi apel sehari menunjukkan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat ketimbang mereka yang makan kurang dari satu apel dan satu tomat tiap hari.

Meski demikian, efeknya hanya muncul bila yang disantap adalah buah segar, artinya tomat atau apel kalengan dan yang sudah diproses tidak bermanfaat.

Studi dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health meneliti menu makanan dan fungsi paru-paru pada lebih dari 650 orang dewasa pada 2002, kemudian tes yang sama diulangi lagi pada partisipan sepuluh tahun kemudian.

Partisipan yang berasal dari Jerman, Norwegia dan Inggris itu juga mengisi kuesioner tentang pola makan dan asupan nutrisi, juga spirometri, prosedur untuk mengukur kapasitas paru-paru mengambil oksigen.

Faktor lain seperti usia, tinggi badan, jenis kelamin, indeks massa tubuh, status sosial-ekonomi, aktivitas fisik dan total asupan energi juga menjadi pertimbangan.

Yang menarik, penemuan yang diterbitkan di European Respiratory Journal edisi Desember itu menemukan bahwa hubungan antara menu makan dengan fungsi paru-paru terlihat lebih jelas pada bekas perokok. (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs